Inilah 5 Keutamaan Shalat Tahajud Bagi Mushali

0
337
Inilah 5 Keutamaan Shalat Tahajud Bagi Mushali
Inilah 5 Keutamaan Shalat Tahajud Bagi Mushali

Ibadah.co.id- Shalat tahajud adalah shalat yang dikerjakan pada malam hari setelah bangun tidur. Lebih afdhol dilaksanakan pada sepertiga malam hari.

Untuk memahami shalat tahajud maka kita harus mengertahui arti dari kata tahajud itu sendiri. Kata tahajud berarti bangun tidur. Oleh sebab itu, maka shalat tahajud dilakukan pada saat setelah bangun tidur atau dengan kata lain seseorang mengerjakan shalat isya lalu tidur dan bangun lagi. Dari bangun tidur tersebutlah seseorang sudah diperbolehkan melakukan shalat tahajud walaupun masih jam 10 atau jam 11 malam. Waktu pelaksanaan shalat tahajud ialah seusai bangun tidur sampai waktu subuh.

Walaupun begitu, shalat tahajud sangat dianjurkan dilaksanakan pada sepertiga malam yaitu pukul 3 pagi. Karena pada saat itu waktu mustajab untuk berdoa  kepada Allah Swt.  Selain itu, berdasarkan keterangan hadis Rasulullah Saw., pada waktu ini Allah menurunkan rahmat-Nya sehingga sangat bagus untuk kita berdoa dan bermunajat kepada-Nya.

Shalat tahajud merupakan shalat yang sangat besar faidahnya setelah shalat lima waktu. Rasulullah Saw. pun selalu melakukan shalat tahajud pada sepertiga malam. Tata cara pelaksanaan shalat tahajud pun sangat mudah, sama seperti shalat sunah lainnya hanya saja niatnya yang berbeda.

Niat shalat tahajud:

“Ushollii Sunnatan Tahajjudi Rok’ataini Mustaqbilal Qiblati lillahi ta’ala”

Artinya: Saya berniat sholat tahajud dua rakaat menghadap kiblat karena Allah ta’ala

Dalam shalat tahajud minimal dilaksanakan dua raka’at. Akan tetapi, jika kita hendak melaksanakan lebih dari dua raka’at maka kita harus memberi salam pada setiap dua raka’at shalat tahajud tersebut. untuk batasan raka’atnya tidak terbatas. Namun ada hadis shahih dari Zaid bin Al Juhani berkata:

“Aku pernah memperhatikan shalat malam yang dilakukan oleh Rasulullah Saw., beliau mengerjakan dua raka’at yang ringan, setelah itu beliau mengerjakan dua raka’at yang panjang, lalu beliau mengerjakan shalat dua raka’at yang lebih ringan daripada sebelumnya. Setelah itu beliau mengerjakan shalat dua raka’at lagi yang lebih ringan dari sebelumnya. Beliau pun mengerjakan shalat dua raka’at lagi yang lebih ringan daripada yang sebelumnya, dan beliau pun mengerjakan shalat dua raka’at lagi yang lebih ringan daripada sebelumnya. Dan yang terakhir, beliau melaksanakan shalat witir, sehingga jadilah beliau mengerjakan shalat malam saat itu sebanyak 13 raka’at dengan shalat witir sebanyak 1 raka’at.”

Selain itu, banyak sekali keutamaan dari shalat tahajud salah satunya ialah dapat menenangkan pikiran seseorang. Untuk itu mari kita bahas lebih lanjut lima keutamaan shalat tahajud versi ibadah.co.id. Diantaranya:

Pertama, Mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Dengan meninggalkan tempat tidur yang nyaman dan bergegas untuk melaksanakan shalat tahajud, maka secara tidak langsung kita masih percaya bahwa Allah Azza wa Jalla ada dan tidak pernah tidur. Ia selalu mengawasi dimana pun kita berada. Dengan melaksanakan shalat tahajud serta berdoa kepadanya, keimanan kita semakin bertambah serta dapat mendekatkan diri kepada Allah Swt.

“Hendaklah kalian melaksanakan shalat malam karena sholat malam itu merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian, ibadah yang mendekatkan diri kepada Tuhan kalian, serta penutup kesalahan dan penghapus dosa.” (HR. Tirmidzi, Al-Hakim, Baihaqi. Dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Irwaa Al Ghalil)

Kedua, Mendapat kemuliaan dari Allah Swt. Jika seseorang melaksankan sholat tahajud maka Allah Swt. menjanjikan akan menempatkannya di tempat yang terpuji. Seperti dalam firman-Nya yang artinya:

“Dan pada sebahagian malam hari bersembahyanglah tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji” (Qs. Al’Isra ; 79)

Ketiga, Diampuni segala dosa dan dikabulkan segala keinginannya. Allah Swt. sangat senang sekali kepada orang yang memohon ampunan kepada-Nya. Salah satu bentuk permohon ampunan hambanya ialah dengan sering malaksanakan sholat tahajud. Selain itu, Allah Swt. juga akan mengabulkan doa dan keinginan hamba-Nya. Seperti sabda Rasulullah Saw.:

“Setiap malam, Allah subhanahu wa ta’ala turun ke langit hingga tersisa hanya sepertiga malam yang terakhir. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman: Adakah hamba Ku yang meminta sehingga pasti Ku berikan apa yang dia minta? Adakah hamba Ku yang berdoa sehingga pasti aku akan kabulkan doanya? Adakah hamba Ku yang memohon ampun sehingga Aku akan mengampuni dosanya?” (Hadits riwayat Imam Bukhori dan Muslim).

Oleh sebab itu siapa saja yang akan melaksanakan sholat tahajud dengan sungguh-sungguh dan istiqomah maka Allah Swt. akan menghapus segala dosa-dosa kita serta menjaga kita dari perbuatan yang menyesatkan kita.

Keempat, Meningkatkan kesehatan dalam tubuh. Selain dapat menghapus dosa, shalat tahajud juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Hal ini karena pada sepertiga malam, udara di atmosfer masih segar dan belum terkena polusi. Oleh sebab itu, ketika kita melaksanakan sholat tahajud makan organ tubuh dan otot kita ikut bergerak. Kemudian ketika sujud maka kepala kita akan lebih rendah dari tubuh kita. Hal ini menyebabkan aliran darah kita semakin lancar yang membuat tubuh semakin sehat.

Kelima, Mendapat keringanan ketika dihisab. Ketika diakhirat, tidak ada satu pun manusia yang bisa menolong selain amalan kita sendiri di dunia. Jika amalan perbuatan yang buruk lebih banyak maka kita akan masuk ke dalam neraka. Tapi jika amalan baik kita lebih banyak , maka kita akan masuk ke dalam Surga Firdaus.

Oleh sebab itu jika kita sering melaksanakan sholat tahajud maka amalan sholat itu yang nanti akan menolong kita di akhirat kelak.

Itulah lima keutamaan shalat tahajud versi ibadah.co.id. Semoga dengan tulisan ini, sebagai umat muslim kita selalu melakukan amalan-amalan sholeh yang di contohkan oleh Rasulullah Saw. kepada kita semua. Amin! (ed.AT/Siska)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here