BCA Syariah Ajak Emak-emak Kelola Keuangan

0
151
BCA Syariah Ajak Emak-emak Kelola Keuangan
BCA Syariah Ajak Emak-emak Kelola Keuangan

Ibadah.co.id –Kaum perempuan terutama emak-emak memiliki peranan penting dalam mengatur keuangan keluarga. Kemampuan seorang ibu mengelola keuangan dengan bijak dapat memberikan dampak positif bagi kesejahteraan keluarga. Oleh karena itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menjadikan Perempuan sebagai prioritas sasaran edukasi dan literasi keuangan di tahun 2019.

Pentingnya peran perempuan dalam mengelola keuangan keluarga, menjadi salah satu alasan BCA Syariah melakukan edukasi pengeloalan keuangan usaha dan keluarga kepada ibu rumah tangga yang juga memiliki usaha mikro melalui kegiatan Ruang Ibu CerDaS (Cermat Dinamis Sejahtera) dengan tema “Cara Mudah Atur Uang”, di Kantor Pusat BCA Syariah, Jakarta (18/12).

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) BCA Syariah Peduli khususnya pilar Peduli Sejahtera yang fokus pada upaya peningkatan perekonomian masyarakat kecil terutama pelaku UMKM.

Menurut Direktur Kepatuhan BCA Syariah Tantri Indrawati, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan ibu rumah tangga dalam pengelolaan keuangan secara cermat dan bijak, serta memberikan motivasi untuk selalu berkembang demi meningkatkan kesejahteraan keluarga.

“Tidak hanya itu, BCA Syariah juga mengajak para ibu rumah tangga untuk mengenal produk-produk perbankan syariah sebagai instrumen untuk pendukung usaha dan kesejahteraan keluarga,”ujarnya dalam rilis yang diterima redaksi ibadah.co.id.

Tantri menambahkan, melalui kegiatan ini pihaknya berharap kaum perempuan, terutama ibu rumah tangga bisa menjadi penggerak untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga, lebih akrab dengan Bank, dan meningkatkan kepercayaan diri mereka untuk menggunakan produk-produk perbankan.

Sebanyak 26 ibu rumah tangga berusia rata-rata 30 – 40 tahunan yang berdomisili di wilayah Jatinegara dan sekitarnya mengikuti kegiatan ini.  Latar belakang pendidikan peserta rata-rata mulai dari Sekolah Menengah Atas hingga Sarjana. Peserta Ruang Ibu CerDaS merupakan pengusaha mikro dengan ragam jenis usaha rumahan mulai dari warung makanan, warung kelontong, catering, penjual pakaian hingga pengusaha bisnis online.

Marwati (48 tahun), salah satu peserta pelatihan, yang kini memiliki usaha catering menyampaikan motivasinya mengikuti kegiatan ini adalah untuk mengetahui cara mengatur keuangan usaha dengan lancar sehingga dapat mengembangkan usahanya lebih besar lagi.

“Saya sangat senang dengan adanya kegiatan ini, karena bisa membantu usaha saya dalam mengatur keuangan yang selama ini mamsih acak-acakan. Kegiatan ini sangat bermanfaat buat saya dan ibu-ibu yang lainnya,” terangnya.

Adapun materi yang diberikan kepada para peserta diantaranya; bagaimana melakukan pencatatan penghasilan dan biaya operasional usaha, memisahkan pencatatan biaya rumah tangga dan usaha, hingga membuat anggaran keuangan serta perencanaan investasi. Pada sesi akhir acara, peserta diajak untuk mengunjungi Kantor Cabang dan berinteraksi dengan petugas Bank untuk mengenal produk-produk bank syariah.

Itulah salah satu bentuk kepedulian BCA Syariah terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat, diantaranya berupa pelatihan keuangan dan bisnis, dan penyaluran zakat bekerjasama dengan Lembaga Amil Zakat untuk program pemberdayaan perekonomian masyarakat. Contohnya penyaluran zakat kepada kampung  nelayan di daerah Situbondo Jawa Timur untuk pengembangan budidaya ikan kerapu. (Guh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here