Fakta, 4 Makanan Khas Indonesia Ini Terkenal Hingga Kelas Internasional

0
64
Fakta, 4 Makanan Khas Indonesia Ini Terkenal Hingga Kelas Internasional
Fakta, 4 Makanan Khas Indonesia Ini Terkenal Hingga Kelas Internasional

Ibadah.co.id – Indonesia merupakan Negara yang kaya akan budaya. Panorama alam yang memukai selalu menjadi ciri khas setiap daerah di Indonesia. Tidak hanya kaya akan pesona alamnya, Indonesia juga kaya akan kuliner. Setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner sebagai ciri khas daerahnya masing-masing. Namun ada beberapa makanan Indonesia yang terkenal tidak hanya di dalam Negeri, namun juga sampai luar Negeri.

Berikut empat makanan khas Indonesia yang menginternasional tersebut, juga fakta-faktanya kenapa sampai terkenal:

  1. Rendang

Rendang merupakan makanan tradisional yang berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat. Rendang berasal dari kata “Merandang” yaitu proses memasak santan hingga kering secara perlahan. Selain santan, setidaknya untuk membuat rendang dibutuhkan 14 bahan rempah-rempah yaitu  cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, buah pala, kemiri, jahe, laos, merica,  jeruk purut, kunyit,  daun salam, batang serai dan garam. Tidak lupa bahan utama pembuatan rendang adalah daging sapi.

Proses memasak rendang membutuhkan waktu berjam-jam. Daging yang sudah dipotong dimasukkan ke dalam bumbu-bumbu dan santan, diaduk perlahan hingga santan dan bumbu terserap daging. Setelah mendidih, lalu apinya dikecilkan namun tetap diaduk hingga bumbunya mengental dan mengering.

Masakan ini terkenal di dunia karena keunikan rendangnya yaitu menggunakan bumbu-bumbu alami, yang bersifat antiseptik dan membunuh bakteri patogen sehingga bersifat sebagai pengawet alami. Tidak heran jika rendang dapat disimpan selama satu sampai empat minggu.

Kelezatan rendang berhasil membuatnya terpilih di posisi paling atas dari 50 makanan terlezat di dunia versi CNN Internasional pada tahun 2011. Rendang bahkan menjadi menu makanan favorit di sebuah hotel di Jerman dalam rangka festival kuliner masakan asli Indonesia. Acara ini diselenggarakan untuk memperingati 60 tahun persahabatan Indonesia Jerman. Rendang ini dinobatkan sebagai salah satu makanan khas Indonesia yang mendunia.

  1. Sate

Sate merupakan makanan olahan Indonesia yang terbuat dari daging ayam. Tidak hanya berbahan dasar daging ayam, sate juga bisa berbahan dasar daging kambing maupun sapi sesuai selera pencinta kuliner.

Makanan ini mudah sekali dibuat hanya berbahan dasar daging yang dipotong dadu lalu ditusukkan ke tusukan sate yang biasanya terbuat dari bambu. Lalu dibakar dan dioleskan dengan kecap, kita juga dapat menambahkan bumbu sesuai selera kita seperti sambal kacang maupun irisan cabai dan bawang. Kemudian dapat disajikan juga dengan nasi panas, ketupat atau lontong.

Asal usul sate diciptakan abad Ke-19 oleh pedagang jalanan di Jawa. Sate mulai populer pada abad Ke-19 bersamaan dengan semakin banyaknya pendatang dari Arab, pendatang muslim Tamil dan Gujarat dari India ke Indonesia. Menariknya lagi sate ini popular karena banyaknya orang yang mencari tahu tentang asal muasalnya.

Faktanya yang memiliki makanan sate tersebut adalah Indonesia karena sate dikembangkan dari adaptasi kebab India yang dibawa oleh pedagang muslim India ke Tanah Jawa. Bahkan di Jawa sendiri terdapat bangunan yang diberi nama Gedung Sate yang terletak di Bandung, Jawa Barat. Yang bediri sejak September 1924. Saat ini kita dapat menjumpai sate ayam di New York yaitu restoran yang bernama Satay Junction.

  1. Gudeg

Gudeg merupakan makanan yang terbuat dari nangka muda yang direbus dan ditambah dengan gula, santan dan bumbu-bumbu tambahan. Gudeg sangat nikmat jika disantap dengan nasi di pagi hari, siang hari, bahkan malam hari. Gudeg ini berasal dari Yogyakarta. Bahkan dengan popularitasnya, Yogyakarta dikenal dengan sebutan Kota Gudeg.

Keunikan dari gudeg adalah apabila kita berbelanja gudeg sebagai oleh-oleh khas Yogyakarta, maka gudeg tersebut dilapisi dengan besek. Di mana besek tersebut merupakan wadah untuk menaruh gudeg yang hendak dijual, besek tersebut terbuat dari bambu segi empat.

Selain keunikan tersebut, asal muasal gudeg juga berasal dari Yogyakarta yang merupakan lokasi yang berdekatan dengan tujuh keajaiban dunia yaitu Candi Borobudur.

Sehingga jika ada warga asing yang berwisata ke tempat tersebut besar kemungkinan menemui kuliner Gudeg. Hal ini akan mengenalkan secara langsung ke warga dunia tentang kuliner tersebut.Tidak hanya itu, saat ini gudeg juga terkenal di Melbourne, Australia dan sudah ada restoran yang membuka kuliner ini di Negeri Kangoro tersebut.

  1. Gado-Gado

Gado-gado merupakan makanan khas Indonesia yang terbuat dari bahan dasar sayur-sayuran. Beberapa memperkirakan bahwa nama gado-gado berasal dari kata digado dalam arti makan tanpa nasi, yaitu makan gado-gado tanpa nasi.

Beberapa pihak juga meyakini bahwa gado-gado berasal dari Betawi karena tahun 1940-1950an ada lagu yang berjudul “Gado-gado Betawi”

Gado-gado adalah salad ala Indonesia.  cara membuatnya pun cukup mudah yaitu siapkan sayur mayur yang hendak dijadikan gado-gado, lalu direbus dan ditaburi bumbu kacang yang sudah dihaluskan dan dicmpur dengan cabai.

Beberapa restoran diluar negeri pun banyak yang memasukan gado-gado sebagai menunya. Seperti Guest House di Birmingham, Inggris yang memasukan gado-gado sebagai menu vegetarian. Bahkan pada tahun 2010, gado-gado diperlombakan dalam ajang memasak Internasional di Napoli dan berhasil meraih juara pertama. Dengan perlombaan tersebut gado-gado sangat terkenal di Dunia sebagai makanan khas Indonesia.

Itulah keempat dari sekian banyak kuliner di Indonesia yang terkenal di Mancanegara. Bahkan ada beberapa yang menjadi juara dalam ajang bergengsi kuliner Internasional. (Siska)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here