Waktu-waktu Do’a yang Mustajab di Hari Jum’at

0
166
Waktu Mustajab Do’a di Hari Jumat
Waktu Mustajab Do’a di Hari Jumat

Ibadah.co.id – Hari jumat adalah hari yang sangat agung (sayyidul ayyaam) dibanding hari lainnya, salah satu keutamaanya adalah mustajab-nya (dikabulkan) do’a. Banyak sekali hadis yang membicarakan tentang keutamaan (fadhilah) do’a di hari jum’at tersebut, diantaranya adalah:

Pertama, hadis yang menjelaskan do’a ketika imam sedang duduk di antara dua khutbah. Hadis ini di riwayatkan oleh Abu Musya Al-Asy’ari radiyallahu anhu berkata:

“Aku mendengar Rasulallah Salallahu’alaihi wasallam bersabda tentang waktu mustajab do’a di hari jumat, waktunya adalah anatara duduknya imam ketika khutbah hingga selesai di tegakkannya shalat. (H.R Muslim).

Kedua, hadis yang menjelaskan do’a setelah ashar di hari Jum’at. Hadis ini di riwayatkan oleh Jabir bin Abdillah radiyallahu anhu beliau berkata:

Rasulallah Shallallahu’alaihi Wasallam beliau bersabda, “Hari Jum’at itu ada dua belas jam, tiada seorang Muslim pun yang memohon sesuatu kepada Allah di waktu tersebut melainkan akan dikabulkan oleh Allah. Maka carilah waktu pengabulan tersebut di akhir waktu setelah Ashar. (H.R Abu Daud)

Kedua hadis ini derajatnya sahih, seyogyanya bagi seorang muslim ketika melihat khatib duduk di antara dua khutbah maka bergegas untuk berdo’a. Lebih afdhol lagi kalau didahului dengan shalawat kepada baginda Nabi Muhammad sebagai berikut: “Allahumma Shalli ‘ala sayyidina Muhammad wa ‘ala ali sayyidina Muhammad”.

Juga seorang muslim seyogyanya setelah Ashar atau satu jam sebelum maghrib segera bergegas mengambil air wudhu lalu pergi ke masjid melaksanakan shalat Tahiyyatul Masjid dan berdo’a.

Do’a merupaka amalan yang menghubungkan antara hamba dan Rabbnya. Maka perbanyaklah do’a di waktu mustajab tersebut untuk kebaikan diri sendiri, keluarga, kerabat, tetangga, guru-guru dan kaum muslimin.

Agar doa kita mustajab di hari jumat maka lakukan tiga hal ini:

  1. Menetap di masjid mulai ba’da Ashar hingga masuknya waktu Shalat Maghrib sambil banyak berdo’a.
  2. Datang ke masjid menjelang Shalat Maghrib, kemudian melakukan Shalat Tahiyyatul Masjid dan memperbanyak do’a hingga waktu maghrib tiba.
  3. Memperbanyak do’a di akhir sore Jum’at, baik di rumah, di jalan atau di manapun berada.

Maka mohon ampunlah kepada Allah zat yang maha ghofur atas dosa-dosa yang sudah diperbuat dan mintalah kepada-Nya sebanyak-banyaknya baik urusan dunia, terlebih untuk akhirat kita. (ed.RB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here