Keistimewaan Puasa Senin Kamis (2)

0
49
Keistimewaan Puasa Senin Kamis (2)
Keistimewaan Puasa Senin Kamis (2)

Ibadah.co.id – Setiap amalan baik pasti akan diberikan pahala oleh Allah. Balasan Allah tidak tanggung satu banding satu, atau satu banding sepuluh, bahkan satu sampai banding tujuh ratus.

Adapun amalan puasa, baik puasa wajib ataupun sunah (termasuk puasa Senin Kamis) itu tidaklah dilipatgandakan seperti tadi, juga tidak dibatasi lipatan pahalanya. Oleh karena itu, amalan puasa akan dilipatgandakan langsung oleh Allah hingga berlipat-lipat tanpa ada batasan bilangan.

Hal ini sesuai dengan hadis Nabi dibawah ini. Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِى لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ. وَلَخُلُوفُ فِيهِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ
“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi”. (HR. Muslim no. 1151)

Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Kesehatan

Secara biologis, puasa Senin Kamis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, di anataranya:

Mengeluarkan Racun dalam Tubuh. Puasa Senin Kamis dapat mengeluarkan toksin atau racun dalam tubuh. Karena racun dan toksin itu berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari. Untuk mengeluarkan racun tersebut harus berhenti mengkonsumsi makanan dan minuman minimal selama sehari. Puasa Senin Kamis dipercaya ampuh untuk mengelurkan racun yang sudah mengendap dalam tubuh. Agar racun dapat dikeluarkan dengan efektif, maka pengeluarannya dapat lewat keringat, urine, atau saat buang air besar.

Mengurangi Potensi Serangan Jantung. Seseorang yang rutin menjalankan puasa dengan jeda waktu tertentu (puasa Senin Kamis) juga memiliki risiko serangan jantung lebih rendah. Hasil penelitian tersebut menunjukkan adanya penurunan tekanan darah sistolik pada partisipan yang terlibat dalam penelitian. Penurunan tekanan darah sistolik berpengaruh langsung dalam mengurangi tekanan pada arteri sekaligus mengurangi risiko serangan jantung.

Memperlancar Sistem Pencernaan. Selama seseorang rutin menjalankan puasa, maka organ pencernaan akan dapat beristirahat. Namun kinerjanya tetap berjalan normal, terutama membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Terlebih lagi setelah berbuka puasa, sistem pencernaan menjadi lebih efisien dan lebih kecil kemungkinan untuk timbul suatu penyakit.

Mencegah Diabetes Mellitus. Diabetes Mellitus pada umumnya disebabkan karena tingginya kadar gula dan kolesterol dalam tubuh. Apabila kita rutin melaksanakan puasa Senin Kamis, maka konsumsi gula dan makanan yang berlemak bisa lebih terkontrol dan bisa mencegah penyakit tersebut.

Menjaga Peremajaan Sel Kulit. Sel-sel kulit manusia yang telah mati perlu diganti atau dengan kata lain diremajakan kembali. Kita tidak perlu bantuan produk atau obat tertentu yang harus dikonsumsi. Hanya perlu melakukan puasa Senin Kamis secara rutin. Karena ini berhubungan langsung dengan metabolisme dalam tubuh yang berhenti saat berpuasa, dan itu menyebabkan sel-sel tubuh dapat bekerja lebih aktif lagi, seperti halnya sel-sel kulit.

(ed.RB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here