Take a fresh look at your lifestyle.

- Advertisement -

252 Jemaah Umrah Indonesia Tak Bisa Pulang

21

Ibadah.co.id – Sejumlah 252 jemaah umrah Indonesia tak bisa pulang ke tanah air lantaran kebijakan baru yang dikeluarkan oleh Pemerintah Arab Saudi. Hingga saat ini Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Riyadh dan KBRI Jeddah sedang melakukan negosiasi agar jemaah umrah tersebut dapat kembali ke Indonesia segera.

Seperti dilansir tempo.co pada 24/12/20, sebanyak 252 jemaah umrah asal Indonesia masih tertahan di Arab Saudi pada Kamis, 24 Desember 2020. Mereka tertahan karena kebijakan pemerintah Arab Saudi yang menutup akses penerbangan pasca adanya penyebaran Covid-19 jenis baru di sejumlah negara Eropa.

“Masih ada 252 orang (yang masih tertahan). Saat ini masih proses negosiasi untuk mencari jalur pulang dari KBRI Riyadh dan KBRI Jeddah,” ujar Muhammad Sahrul Murajjab, Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI Riyadh saat dikonfirmasi, Rabu malam, 23 Desember 2020. 

Ia mengatakan penghentian atau penutupan jalur udara sudah diumumkan oleh pemerintah Arab Saudi sejak 21 Desember dini hari. Penutupan tak hanya dilakukan pada jalur udara, namun kedatangan dari jalur darat, laut internasional juga ikut ditutup selama satu minggu.

Sahrul mengatakan aturan ini dapat diperpanjang oleh pemerintah Arab Saudi. Meski begitu, Sahrul menyebut pemerintah Arab Saudi memberikan pengecualian bagi tiga kondisi.

Pertama bagi maskapai asing yang pada saat diumumkannya peraturan yang baru ini mereka sudah ada di wilayah Arab Saudi. Lalu untuk perpindahan arus barang dan pesawat kargo yang berisi pasokan makanan atau kebutuhan lainnya dan yang terakhir bagi kondisi khusus atau evakuasi.

“Karena itu, atas dasar ini pemerintah kita dan perwakilan di Riyadh, Jeddah, kita masih terus berupaya untuk bisa mendapatkan slot penerbangan untuk bisa mengevakuasi WNI yang masih ada di Saudi untuk pulang ke Indonesia,” kata Sahrul. Ia mengatakan sejauh ini KBRI baru berhasil memulangkan satu pesawat Garuda Indonesia sejak penutupan terjadi. Pesawat itu diisi beberapa di antaranya oleh jemaah umrah. Penutupan jalur masuk ini dilakukan pemerintah Arab Saudi untuk menyikapi adanya penyebaran varian baru Covid-19 di beberapa negara di Eropa. (RB)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

1 Comment
  1. […] – Arab Saudi mencabut kebijakan larangan perjalanan ke negaranya, akankah jemaah umrah asal Indonesia bisa berangkat? Kebijakan Arab Saudi ini disambut gembira oleh beberapa pihak, salah […]

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy