Empat Perbedaan Al Quran dan Kitab-Kitab Sebelumnya Menurut Syeh Sha’rawi al Masri

0
10303
Empat Perbedaan Al Quran dan Kitab-Kitab Sebelumnya Menurut Syeh Sha’rawi al Masri
Empat Perbedaan Al Quran dan Kitab-Kitab Sebelumnya Menurut Syeh Sha’rawi al Masri

Ibadah.co.id –Syeh Sha’rawi pernah menjelaskan dalam salah satu pengajiannya tentang perbedaan antara Al Quran dan Kitab-kitab sebelumnya.

Apakah Al Quran dengan kita-kitab terdahulu mempunyai perbedaan? Jika beda, lantas apa saja perbedaan itu?. Itulah rentetan pertanyaan dari salah satu jamaah kajian tafsirnya yang dialamatkan kepada Syeh Sha’rowi.

Secara jelas dan tegas beliau menjawab, Al Quran berbeda dengan kitab-kitab sebelumnya. Diantara perbedaan-perbedaannya sebagai berikut:

  • Kitab-kitab sebelumnya telah hilang keutuhan atau keotentikannya. Sementara itu, Al Quran hingga saat ini dan bahkan yang akan datang sekalipun, masih utuh. Hal ini ditegaskan sendiri dalam Al Quran, yakni surat Al Hijr ayat 9: (Sungguh, Kamilah yang telah menurunkan Al Quran dan Kamilah yang menjaganya dari pemalsuan).
  • Bahwa Al Quran ditujukan untuk seluruh alam/umat manusia. Sementara, kitab terdahulu hanya diperuntukkan untuk satu golongan tertentu. Inilah letak perbedaan selanjutnya. Banyak ayat yang menjelaskan tentang hal ini; seperti Al Baqarah ayat 185. Dan juga Ali Imran ayat 183: (… Itulah keterangan yang jelas untuk semua manusia, sebuah petunjuk dan pelajaran bagi orang yang bertakwa).
  • Bahwa kitab-kitab terdahulu menggunakan bahasa kaum yang kini telah hilang sejak beberapa waktu silam. Berbeda dengan halnya Al Quran, Al Quran berbahasa Arab yang kini digunakan oleh berjuta-juta manusia. Dan Al Quran diturunkan dalam bahasa Arab bukan berarti Al Quran untuk bangsa Arab saja, melainkan untuk semua manusia.
  • Al Quran memuat ringkasan ajaran-ajaran ketuhanan dalam kitab-kitab dan mengukuhkan kebenaran ajaran ajaran yang terdapat di dalam kitab-kitab terdahulu; yakni Taurat, Zabur, dan Injil.

Tentu masih ada beberapa perbedaan prinsipil lainnya anatara Al Quran dan kitab-kitab sebelumnya. Namun demikian, kiranya empat point sebagaimana yang telah dijabarkan di atas oleh Syeh Sha’rowi sudah lebih cukup untuk menggambarkan betapa Al Quran mempunyai perbedaan-perbedaan penting dengan kitab-kitab terdahulu.

(Ed.RB/Youtube)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here