Pertama Dalam sejarah, Film Biografi Buya Hamka Digarap Atas Kerjasama Starvision, Falcon Pictures dan MUI

0
200
Film Biografi Buya Hamka Digarap Atas Kerjasama Starvision, Falcon Pictures dan MUI
Para Pemeran Film Biografi Buya Hamka

Ibadah.co.id – pertama dalam sejarah perfileman Indonesia, dua perusahaan film Indonesia, Starvision dan Falcon Pictures, serta Majelis Ulama Indonesia bekerja sama menggarap film biografi ulama besar Indonesia bahkan ASIA, Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau yang dikenal dengan Buya Hamka.

Hal itu diungkapkan oleh produser rumah produksi Starvision, Chand Parwez Servia saat press conference di Jakarta, (25/01). “Ini kolaborasi pertama dalam perfileman di Indonesia tiga institusi Falcon, Starvision, dan MUI mengerjakan proyek film, yakni film Buya Hamka. Tentu semua mengenal ketokohan Buya Hamka. Semoga nanti film ini bisa menjadi pencerahan inspiratif buat kita semua, penonton film di Indonesia dan seluruh dunia,” katanya.

Chan menjelaskan ide pembuatan film Buya Hamka itu terjadi pada bulan November 2014 ketika dia bertemu dengan mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia Din Syamsuddin.

“Waktu itu saya menerima SMS dari Bang Din Syamsuddin yang menanyakan apakah Starvision mau produksi film Buya Hamka, ketua umum MUl pertama. Spontan saya jawab, Insya Allah bisa, apabila diberikan kesempatannya. Kemudian di hari itu langsung bertemu di MUI. Saya juga sudah mengenal dan mengagumi ketokohan beliau sebagai ulama yang Rahmatan Lil ‘Alamin,” ceritanya kepada media.

Pemeran utama sebagai Buya Hamka sudah ditentukan, yakni akan diperankan oleh Vino G. Sebastian. Kenapa Vino, menurut Fajar Bustomi sebagai sutradara bahwa Vino adalah actor yang tepat memerankan karakter Buya Hamka. Selain mirip-mirip dengan mukanya, Vino juga ada kesamaan dalam karir perjuangan kehidupannya.

“Buya Hamka itu waktu mudah dibilang “anak nakal”, tapi pas dewasa dan tuanya jadi ulama. Vino juga dulu memerankan film-film nakal, kemudian kini memerankan sosok ulama,” ujarnya yang kemudian dikuatkan oleh pendapat wakil ketua MUI, Prof Yunahar Ilyas, yang disertasinya tentang tafsir Al Azhar karangan Buya Hamka.

Rencananya, film itu akan mulai syuting pada awal April 2019 di Maninjau, Sumatera Barat. Selain di Sumbar, rencananya film itu akan mengambil lokasi syuting di Jawa Tengah (Semarang, Tegal), Jakarta dan Jawa Barat (Sukabumi) dan akan ditayangkan di bioskop pada tahun depan.

Adapun para aktor dan aktris yang akan berperan dalam film itu antara lain Vino sebagai Hamka, Laudya Cynthia Bella sebagai istrinya Siti Raham, dan pemain pemeran lainnya seperti Desi Ratna Sari, Donny Damara, Ayudia Bing Slamet, Mellya Baskarani, Resa Putri, Mawar De Jongh, Ben Kasyafani, Verdi Solaiman, Marthino Lio, Alfie Alfandy, Yoga Pratama, Rebong, Rifnu Wikana, dan Ayu Laksmi. (AS/ibadah.co.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here