Take a fresh look at your lifestyle.

- Advertisement -

Perangi Berita Hoax, MAARIF Institute Gelar Creator Muda Academy di Pontianak

0 77

Ibadah.co.id –Maraknya berita hoax yang menimpa kita, khususnya lewat media sosial membuat pelbagai kalangan lembaga Pendidikan atau ormas khawatir. Apalagi yang menjadi korban dan pelaku penyebar hoax itu Kalangan milenial. Untuk menjegah hal itu nambah meluas, MAARIF Institute menggelar kegiatan literasi digital ‘Creatormuda Academy’ di Hotel NEO Gajah Mada Pontianak, Kalimantan Barat selama dua hari, (15-16/08/2019).

‘Creatormuda Academy’ ini adalah kegiatan pendidikan dan advokasi offline untuk siswa SMA/sederajat tentang Keindonesiaan, Keragaman, dan Literasi Media. Melalui program ini, diharapkan lahir para konten kreator muda yang menyampaikan pandangan tentang keindonesiaan dan keragaman, sebagai salah satu upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Kegiatan ini akan mempertemukan 150-an pelajar SMA/sederajat untuk mengikuti sesi Mading Talks. Pada sesi berikutnya, 10 tim terbaik berkesempatan untuk mengikuti sesi Booth Camp yang berupa pelatihan pembuatan konten positif bersama para pelatih yang berpengalaman di bidang menulis, desain grafis, fotografi, dan videografi. Pelatihan tersebut akan bermuara kepada produksi konten di madingsekolah.id yang kami sediakan,” ujar Direktur Program MAARIF Institute Khelmy K. Pribadi dalam sambutannya di acara tersebut.

Sementara itu, Direktur Eksekutif MAARIF Institute, Abd. Rohim Ghazali, menyampaikan bahwa acara ini merupakan gelaran ke-7 dari 10 kota yang dijadwalkan. Ke-10 kota tersebut adalah Jakarta, Yogyakarta, Malang, Semarang, Manado, Makassar, Pontianak, Padang, Mataram, dan Bandung. Pada acara ini, Rohim berharap anak muda dapat turut terlibat dalam mempertahankan perjuangan kemerdekaan bangsa melalui produksi konten-konten positif.

“Berbagai ide segar dan kreatif yang berasal dari anak muda perlu diarahkan dalam bentuk konten-konten positif dan diunggah ke media sosial. Karena demikian untuk konteks sekarang ini. Untuk itu, kami dari MAARIF Institute bersama yang lainnya menginisi Creatormuda Academy ini dan menyediakan platform online dalam madingsekolah.id,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini, Yosi “Project Pop” Mokalu yang tergabung dalam Cameo Project hadir sebagai narasumber Mading Talks. Yosi menyebut bahwa pelajar tidak hanya berperan sebagai content creator, namun lebih dari itu mesti memproduksi konten-konten positif dan menyebarkan konten-konten tersebut.

“Konten keren hari ini adalah konten-konten positif yang memuat nilai-nilai kebinekaan, anti kekerasan dan membangun semangat optimisme anak muda. Jangan hanya membuat. Jangan terhenti di sana. Tapi perlu juga untuk disebarluaskan,” ungkapnya.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama MAARIF Institute dengan Peace Generation, Cameo Project, Love Frankie, dan Yayasan Ruang Guru. (ed.AS/ibadah.co.id/siaran pers)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy