Menag Mengantar Pemakaman Bapak B.J. Habibie dengan Doa Ampunan

0
11
Menag Mengantar Pemakaman Bapak B.J. Habibie dengan Doa Ampunan
Menag Mengantar Pemakaman Bapak B.J. Habibie dengan Doa Ampunan

Ibadah.co.id – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin didaulat membacakan doa pada pemakaman Presiden ke-3 RI Bapak BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta.

Proses pemakaman berlangsung secara militer, dimulai tepat pukul 13.45 WIB. Sebagai Inspektur upacara, Presiden RI Joko Widodo.

“Hari ini, salah satu ahlawan dan kusuma bangsa terbaik kami, Presiden ke-3 RI yang kami kasihi, Bapak Bacharuddin Jusuf Habibie berpulang ke pangkuanMu menuju alam abadi,” tutur Menag Lukman di Jakarta, Kamis (12/09).

“Ya Allah, Tuhan Maha Segala. Ampunilah segala khilaf dan dosanya. Lipat gandakanlah pahala atas keikhlasan pengabdian dan pengorbanannya. Dan masukkanlah ia ke dalam kelompok hamba-hambaMu yang berhak menikmati surga,” lanjut Menag penuh khidmat melangitkan doa dan harapan terbaik untuk kusuma bangsa.

Pemakaman BJ Habibie dihadiri ribuan masyarakat yang memadati areal Taman Makam Pahlawan Kalibata. Mereka hadir untuk menunjukan rasa duka sekaligus kecintaannya pada sosok yang dikenal intelek dan religius ini. Selamat jalan Pak Habibie.

Berikut doa pemakaman Bapak Habibie di TMP Kalibata yang dibacakan oleh Menag Lukman Hakim Saifuddin:

Ya Allah, Tuhan Alam Semesta

Dalam keheningan dan kesyahduan suasana ke haribaanMu kami mohonkan lindungan-ampunan serta doa. Curahkanlah rahmat dan kasihMu kepada para pahlawan kesatria. Mereka yang telah gugur sebagai kusuma bangsa. Hari ini salah satu pahlawan dan kusuma bangsa terbaik kami, Presiden ke-3 RI yang kami kasihi, Bapak Bacharuddin Jusuf Habibie berpulang ke pangkuanMu menuju alam abadi.

Ya Allah, Tuhan Maha Segala

Ampunilah segala khilaf dan dosanya. Lipat gandakanlah pahala atas keikhlasan pengabdian dan pengorbanannya dan masukkanlah ia ke dalam kelompok hamba-hambaMu yang berhak menikmati surga.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Memberi

Berilah kami kekuatan, kesabaran, dan petunjukMu penentram hati untuk meneruskan perjuangan mewujudkan cita-cita beliau yg kami hormati. Berilah kami kearifan untuk meneladani, integritas dan kualitas dirinya yang terpuji. Bekalilah kami kemampuan merealisasi. Harapannya yang juga adalah harapan semua kami. Mewujudkan masyarakat yang sejahtera, berdaulat, dan mandiri penuh rahmatMu yang tiada bertepi.

Bapak Habibie yang kami sayangi, selamat jalan menuju surga sebagai tempat kembali. Semoga teladan dan arahan Bapak dapat kami ikuti. Semoga ilmu dan kearifan yang Bapak ajarkan terus memandu kami.. Amin! (ed.AS/ibadah.co.id/rilis).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here