Dompet Dhuafa Gerakan Wake Up! Wakaf, Berwakaf Seharga Secangkir Kopi

0
59
Dompet Dhuafa Gerakan Wake Up! Wakaf, Berwakaf Seharga Secangkir Kopi
Dompet Dhuafa Gerakan Wake Up! Wakaf, Berwakaf Seharga Secangkir Kopi

Ibadah.co.id –Dompet Dhuafa mengadakan sosialisasi gerakan wakaf dengan mengajak masyarakat di Car Free Day (CFD) Minggu (29/09) guna membangun ekosistem wakaf dan meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya wakaf produktif.

Wake Up! Wakaf adalah sebuah gerakan membangun wakaf memasuki era milenial. Wakaf tidak hanya didominasi kalangan usia tertentu, kini kalangan muda bisa berwakaf untuk membangun percepatan dan pertumbuhan ekonomi. Ini disebabkan pandangan masyarakat terhadap penyaluran wakaf melalui aset tidak bergerak (wakaf sosial) masih tinggi.

Padahal, wakaf produktif atau wakaf uang memiliki peran yang manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat, serta mampu mengembangkan surplus investasi wakaf. Nilai wakaf pun tidak harus dalam jumlah besar. Bahkan, masyarakat bisa berwakaf setara dengan ‘harga secangkir kopi’.

“Perkembangan wakaf kian bervariatif dan memudahkan kalangan masyarakat dari semua segmen untuk berperan penting dalam membangun wakaf produktif, salah satu layanan kemudahan yaitu melalui tabungwakaf.com. Kehadiran melalui layanan digital, Dompet Dhuafa memudahkan kalangan milenial yang saat ini mendominasi pertumbuhan penduduk dan menjadi penopang ekonomi Indonesia, dengan menargetkan sejuta wakif untuk mendorong pertumbuhan asset wakaf produktif,” ujar Yuniarko sebagai Direktur Wakaf Dompet Dhuafa.

Selama 26 tahun sebagai lembaga filantropi lslam dan penggerak ekosistem ekonomi syariah, Dompet Dhuafa telah mengembangkan program berbasis wakaf produktif. Di antaranya, RS Rumah Sehat Terpadu Parung, Bogor, yang telah melayani lebih dari 15 ribu duafa per bulan di sektor pertanian, termasuk mengembangkan Kampung Agroindustri di Kebun Indonesia Berdaya, Subang, Jawa Barat.

Di bidang pendidikan, Dompet Dhuafa mengembangkan wakaf produktif untuk Sekolah SMART Ekselensia Parung dan Cibinong, serta Pesantren Hafidz Village yang akan dibangun di Lido, Jawa Barat. Selain itu, di bidang ekonomi, Dompet Dhuafa juga melakukan pengembangan Sentra Ternak, Perikanan, Kampung Wisata, dan Pemberdayaan Ekonomi lainnya yang memberikan dampak sosial yang luas, khususnya dalam pengentasan kemiskinan.

“Diharapkan dengan sosialisasi kemudahan serta gerakan Wake Up! Wakaf di Car Free Day (CFD) dapat menambah minat masyarakat dalam berwakaf sehingga pertumbuhan pembangunan dan ekonomi nasional cepat terealisasikan. Seperti saat ini Indonesia masih tertinggal baik system pembangunan dan ekonomi dari Negara Asean lainnya, tapi dengan meningkatnya masyarakat untuk berwakaf tidak mungkin pembangunan Indonesia bisa sejajar dengan bangsa lain bahkan melebihinya,” tutup Yuniarko. (ed.AS/ibadah/co.id/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here