Ada Kabar Netflix Haram, MUI: Masih dalam Pembahasan

0
247
Ada Kabar Netflix Haram, MUI: Masih dalam Pembahasan
Ada Kabar Netflix Haram, MUI: Masih dalam Pembahasan

ibadah.co.id – Beredar di media sosial (sosmed) bahwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah memfatwakan haram Netflik. Berdasarkan itu, setelah dikonfirmasi MUI mengatakan bahwa isu itu hoax, yang benar fatwa itu sedang dalam proses.

“Itu kabar hoax. Saat ini MUI sedang tahap proses pengumpulan data terkait materi Netflix, dalil-dalil yang berkenaan dengan masalahnya, setelah selesai baru dibahas oleh para ahlinya sesuai bidangnya masing-masing,” ujar Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Majelis Ulama Indonesia KH Cholil Nafis yang ditemui ibadah.co.id di acara Milad Indonesia Halal Watch (IHW) ke 7 tahun di Wisma Bumiputera, Jakarta, (23/01/2020).

Fatwa itu dibahas dan dikeluarkan kalau ada masyarakat yang meminta soal hukumnya. Kalau tidak ada berarti tak masalah.

“Biasanya MUI itu mengeluarkan fatwa haram atau halal tentang sesuatu kalau ada masyarakat yang memintanya. Kalau masalah itu levelnya nasional, maka MUI pusat yang mengeluarkan fatwanya. Bila sifatnya regional, maka cukup MUI daerah (Provinsi atau kab/kota) yang mengeluarkan fatwa tersebut,” terangnya.

Ia mengatakan sejauh ini memang ada pertanyaan dari unsur masyarakat mengenai hukum syariah Netflix sehingga itu menjadi pembahasan. Kendati begitu, hingga saat ini MUI belum mengeluarkan fatwa layanan streaming itu.

Saat ini, kata dia, hukum Netflix sedang dalam proses pendalaman di lingkungan MUI. Adapun soal waktu pembahasan akan memakan waktu yang tidak singkat paling cepat satu bulan jika memang perkara itu sangat mendesak.

“untuk mengeluarkan satu fatwa, tidak cukup waktu satu minggu dua minggu, paling cepat satu bulan. Tergantung masalah yang dibahasnya. Kalau semu data-data atau bukti-bukti itu sudah terkumpul baru dibahas dan dikeluarkan fatwanya. Haram atau halal,” tegasnya. (ed.AS/ibadah.co.id/an)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here