Said Aqil Siradj: Budaya Nomor Satu daripada Agama

0
80
Said Aqil Siradj: Budaya Nomor Satu daripada Agama
Said Aqil Siradj: Budaya Nomor Satu daripada Agama

Ibadah.co.id-Ketua Umum Pengurus Besar Nadhlatul Ulama Prof. KH. Said Aqil Siradj dalam pembukaan Rakernas LP Ma’arif NU di Jalan Pusdiklat Depnaker, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, Rabu (11/3), menyatakan martabat negara tegantung pada budaya, bukan pada agama.

Dia memberikan contoh Jepang dan Swiss. Menurutnya, dua negara tersebut tidak memiliki agama dan teologi yang jelas namun peradabannya maju. Sementara, Arab Saudi yang memiliki teologi dan agama yang jelas, malah budayanya saat ini bobrok.

Dalam sambutannya, dia memberikan deskripsi perang saudara selama 40 tahun dan sebanyak 1,5 juta berjatuhan di Arab Saudi yang teologi keagamaannya sangat kuat. Bahkan ulama besar di  Suriah di bom oleh saudara sendiri.

“Jadi martabat bangsa tergantung budayanya. Wainnamal umamul akhlaqu ma baqiyat wa inhumu dzahabat akhlaquhum dzahabu,” ucap Kiai Said sembari mengutip syair dari Syauqy Bey dikutip di Republika (12/09)

Maka, lewat acara Rakernas LP Ma’arif NU, dia menyarankan agar warga NU memajukan peradaban bangsa Indonesia. Budaya nomor satu. Islam dapat diterima oleh masyarakat Indonesia setelah menjadi bagian dari budaya. (HN/Kontributor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here