Langkah 4M, Cara Ngabuburit saat Pandemi Covid-19

0
111

Ibadah.co.id-Ngabuburit adalah nuansa yang terjadi selama bulan suci Ramadhan. Biasanya, orang membuat kesenangan, berkumpul bersama keluarga, jalan-jalan, dan lain sebagainya untuk menunggu datangnya malam. Oleh karena itu, semua umat Islam memanfaatkan nuasa yang terjadi satu kali dalam satu tahun tanpa terkecuali sedikitpun.

Namun, di tengah pandemi covid-19 ini, keterbatasan sosial dan berpergian membuat semua orang tertekan dan terkurung di wilayah zona merah. Tapi, kita bisa memanfaatkan Ramadhan di tahun ini dengan nuansa ngabuburit di rumah.

Di sini saya akan memeberikan langkah-langkah ngabuburit yang dapat mengibur semua umat Islam di tengah pandemi covid-19, di antaranya:

1. Memasak

Siapa sih yang tidakk suka makanan yang lezat? Semua orang suka kan! Tapi tidak semua orang tahu memasak masakan yang lezat. Maka, di pandemi covid-19 kita bisa belajar memasak makanan yang lezat, baik untuk berbuka puasa bersama keluarga atau untuk takjil.

2. Membaca

Sebagaimana kita ketahui bahwa membaca adalah jendela dunia. Lah, mumpung di rumah aja, kita bisa memanfaatkan membaca untuk mencerdaskan otak yang sudah lama tidak masuk sekolah selama pandemi covid-19. Dengan begitu, selain otak menjadi cerdas, dan memfaatkan untuk ngabuburit di rumah.

3. Menulis

Selain hobi membaca, maka bisa mengisi kekosongan dengan cara menulis, baik menulis karya untuk dirinya sendiri atau karya untuk dilombakan nantinya. Selain mendapatkan uang dan pengalaman, juga bisa mengisi kekosongan selama pandemi covid-19.

4. Mengikuti Pelatihan Online

Media online di saat pandemi covid-19 ini sangat dibutuhkan, seolah dunia nyata yang tertutupi virus, semua orang berpindah ke dunia baru, yaitu dunia maya. Segala aktifitas di dunia nyata, baik pekerjaan kantor, agenda seminar dan diskusi, perkumpulan komunitas dan sebagainya dapat dilakukan di dunia maya.

Oleh karena itu, banyak lembaga atau komunitas memanfaatkan kesempatan ini untuk berkontribusi mengisi kekosongan semua orang di saat pandemi dengan mengadakan pelatihan atau seminar secara online. Maka, kita bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk memnunggu malam dan berbuka puasa. (HN/Kontributor)

Sumber: Ruangsekolah.net

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here