Ekonomi Syariah sebagai Motor Penggerak Ekonomi Nasional

0
15

Ibadah.co.id-Gubenur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, ekonomi syariah menunjukkan kinerja yang bagus di tahun 2019 dengan potensi pasar yang terus berkembang maju, terutama sebagai pendukung menghadapi dampak pandemi covid-19 yang melanda Indonesia.

Pangsa pasar perekonomian syariah di Indonesia menjadikan ekonomi syariah sebagai motor penggerak di bidang keuangan dan ekonomi nasional. Sementara itu, ekonomi dan keuangan syariah merupakan sumber pertumbuhan baru yang inklusif, berkelanjutan dan berprinsip keadilan.

“Pengembangan ekonomi syariah tersebut terus ditempuh melalui peningkatan peran usaha syariah dalam halal valute chain, serta pengembangan keuangan sosial syariah sebagai alternatif sumber pembiayaan yang memperkuat keuangan syariah secara umum,” ujarnya sebagaimana dikutip dari Berita Moneter, Jumat (22/05).

Menurut Warjiyo, sistem perekonomian syariah satu jalur dengan perekonomian yang ada di Indonesia, berdaya tahan ditopang oleh permintaan domestik di tengah penurunan ekspor akibat melambatnya ekonomi global 2019.

Ditinjau dari kinerja sektor prioritas halal valute chain (HVC), kinerja ekonomi syariah di Indonesia lebih unggul ketimbang PDB nasional dengan pertumbuhan mencapai 5,72%. Adapun pertembuhan tersebut didukung oleh sektor makanan halal yang memiliki kontribusi besar pada sektor prioritas dalam HVC.

“Ke depan dalam jangka pendek pada 2020, sejalan dengan perekonomian secara umum dampak pandemi covid-19 menyebabkan penurunan kinerja sektor prioritas ekonomi syariah,” imbuhnya.

Dia menyebutkan, dalam jangka menengah yang menyebabkan pemulihan perekonomian dari covid-19 akan dimanfaatkan untuk mendorong pengembangan ekonomi syariah ke depannya. Serta transformasi pengembangan ekonomi syariah akan tetap difokuskan pada pendekatan ekosistem. (HN/Kontributor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here