Pengalihfungsian Hagia Shopia Jadi Masjid Dipermasalahkan Oleh Bartholomew

0
17
Pengalihfungsian Hagia Shopia Jadi Masjid Dipermasalahkan Oleh Bartholomew
Pengalihfungsian Hagia Shopia Jadi Masjid Dipermasalahkan Oleh Bartholomew

Ibadah.co.id – Pengalihfungsian Hagia Shopia Jadi masjid dipermasalahkan oleh Bartholomew. Seperti diketahui, Pemerintah Turki sedang merencana pengalihfungsian bangunan Hagia Shopia kembali menjadi masjid. Bangunan yang sekarang masih resmi menjadi museum tersebut memang sudah beberapa kali berubah fungsinya. Mulai dari tempat ibadah, hingga museum. Tentu saja bangunan Hagia Sophia memiliki historis yang sangat panjang bagi dua agama, yakni Islam dan Kristen.

Seperti dilansir republika.co.id pada 01/07/2020, Ecumenical Patriarch Bartholomew menyoroti isu pengembalikan Hagia Sophia di Turki sebagai Masjid.

Dia mengancam jika jadi Masjid maka umat Islam akan terancam oleh umat Kristen. Bartholomew mengatakan Hagia Sophia bukan hanya milik Turki saja. Bangunan bersejarah itu dianggap milik kemanusiaan.

“Orang-orang Turki bertanggungjawab untuk menguatkan universalitas monumen itu (Hagia Sophia),” kata Bartholomew dilansir dari Orthodoxtimes pada Rabu (1/7).

Bartholomew menyebut Hagia Sophia sepatutnya terus dijadikan museum. Sehingga Hagia Sophia dapat terus berfungsi sebagai simbol dialog dan kedamaian antar manusia yang berbeda.

“Hagia Sophia adalah bukti kesepahaman dan solidaritas antara umat Kristen dan Islam,” sebut Bartholomew.

Bartholomew menegaskan posisi Hagia Sophia penting dalam menjembatani Dunia Barat dan Dunia Timur.

Dia khawatir segala upaya pengubahan fungsi Hagia Sophia bakal berdampak pada Muslim di seluruh dunia. “Konversi Hagia Sophia menjadi Masjid akan membuat jutaan umat Kristen di seluruh dunia melawan Islam,” tegas Bartholomew. (RB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here