Saba Budaya Baduy

0
27
Saba Budaya Baduy

Ibadah.co.id–Baduy merupakan salah kampung adat yang terletak di Desa Kanekes, Kabupeten Lebak, Banten. Suku yang terkenal sangat unik dan kental dengan kebudayaan asli Indonesia. Keunikan-keunikan ini lah yang menjadikan Suku Baduy menjadi salah satu  saba budaya lokal oleh para masyarakat  baik dari Banten maupun luar Banten.

Seiring dengan perkembangan zaman, Baduy menjadi sangat dikenal oleh masyarakat luas dan banyak yang berkunjung untuk menikmati Baduy, entah hanya Baduy luar maupun sampai Baduy  dalam.

Baduy memang terbagi ke dalam dua wilayah. Baduy dalam adalah warga Suku Baduy yang tinggal paling dekat dengan warga luar Baduy dan sudah mengenal berbagai teknologi. Sedangkan Baduy Dalam adalah warga Baduy yang masih hidup di dalam hutan dan membutuhkan waktu ber jam-jam untuk sampai ke perbatasan Baduy Luar.

Baduy juga menjadi salah satu suku  yang  masih patuh dan tunduk terhadap adat istiadat leluhurnya, sebagai contoh mereka mayoritas  masih terliha menggunakan baju adat dan ikat kepala dalam kehidupan sehari-hari. Mereka sangat pantang untuk menggunakan sesuatu hal yang berbau modern.

Jadi, anak-anak Suku Baduy hanya diperkenankan untuk “nyakola”, yaitu belajar otodidak dari lingkungannya, seperti belajar memintal benang atau menenun. Padahal ada sekolah yang sangat dekat jarak tempuhnya dari Desa Kanekes yaitu SD Negeri 2 Bojongmenteng, dapat ditempuh dengan berjalan kaki.

Ditengah modernisasi Suku Baduy masih memegang teguh keyakinannya, yakni Sunda Wiwitan. Di mana dalam keyakinan mereka anak-anak Baduy dilarang untuk mendapatkan pendidikan dari luar seperti sekolah formal. Anak-anak yang bersekolah menurut pandangan mereka akan terkontaminasi dengan kebudayaan luar dan akan melupakan kebudayaan sendiri.

Mata pencaharian Suku Baduy juga masih beragam dan masih berhubungan dengan adat yang ada. Salah satunya mereka masih menenun kain yang mereka pakai dan sekaligus di jual sebagai buah tangan untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari selain bercocok tanam.

Modernisasi lain dapat terlihat ketika kita berada di Baduy dan melihat warga Suku Baduy Luar sudah bisa beradaptasi dan berbaur dengan pendatang yang berkunjung ke Baduy. Selain itu, Suku Baduy Luar juga sudah menggunakan baju modern seperti kaos dan dapat menggunakan sandal seperti warga biasa.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here