Masjid Istiqlal: Laksanakan Pemotongan Hewan Kurban pada 1 Agustus 2020

    0
    24
    Masjid Istiqlal: Laksanakan Pemotongan Hewan Kurban pada 1 Agustus 2020

    Ibadah.co.id-Idul Adha kali ini tampaknya sangat berbeda dari pada tahun-tahun sebelumnya. Hal ini terjadi akibat pandemi Covid19 yang tak kunjung usai. Beberapa masjid yang berada di zona merah pun tak dianjurkan untuk mengadakan Shalat Idul Adha secara berjamaah di masjid-masjid besar. Begitu pula dengan Masjid Istiqlal yang meniadakan Shalat Idul Adha.

    Meskipun demikian dilansir dari kompas.com, Pengurus Masjid Istiqlal menyatakan bahwa akan tetap mengadakan pemotongan hewan kurban H+1 Idul Adha atau tertanggal 1 Agustus 2020.

    “Iya tetap menggelar (pemotongan) kurban seperti tahun-tahun sebelumnya,” ungkap Abu Hurairah selaku Kepala Bagian Humas Masjid Istiqlal.

    ” Abu menjelaskan, pemotongan hewan kurban akan dilakukan H+1 hari raya Idul Adha. Selanjutnya, daging kurban akan langsung didistribusikan ke rumah para mustahik. Acara penyembelihan Sabtu 1 Agustus,” lanjut Abu

    Menurutnya, alasan ditiadakan Shalat Idul Adha adalah untuk mencegah penularan Virus Covid19. Hal ini dapat terjadi karena sebagai masjid negara, seperti Shalat Idul Adha di Istiqlal sudah dipastikan akan diikuti oleh puluhan ribu jamaah seperti tahun-tahun sebelumnya.

    Dal hal tersebut pasti sangat menyulitkan pihak Istiqlal untuk menerapkan protokol kesehatan yang seharusnya berlaku.

    Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tetap memperbolehkan pelaksanaan Shalat Idul Adha terkecuali di 33 RW yang berada di Zona Merah.

    Semua berharap semoga Pandemi Covid19 cepat berlalu. Dan tetap patuhi protokol kesehatan. (DAF)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here