Gedung KUA Berdiri Kokoh Tahun 2024, Menag Anggarkan 400 Miliar

0
18
Gedung KUA Berdiri Kokoh Tahun 2024, Menag Anggarkan 400 Miliar
Gedung KUA Berdiri Kokoh Tahun 2024, Menag Anggarkan 400 Miliar/AJJN/

Ibadah.co.id – Kementerian Agama menargetkan program pembangunan Kantor Urusan Agama (KUA) yang masih terbengkalai sampai saat ini akan berdiri kokoh di sejumlah kecamatan pada tahun 2024.

Dikutip dari Jawa Pos, Sabtu (19/09), Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kementerian Agama, Kamaruddin mengatakan pihaknya akan melakukan rehabilitasi gedung KUA sebanyak 1.700 gedung dan akan dianggarkan dana sebanyak 400 miliar.

“Anggaran ini diperoleh dari hasil optimalisasi anggaran belanja pegawai dan belanja barang yang tidak terserap akibat pandemi Covid-19,” ujarnya secara tertulis.

Dia menambahkan, anggaran tersebut tinggal diajukan kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk proses revisi dan persetujuan membangun kantor KUA yang masih terbengkalai.

Selain itu, pihaknya telah menganggarkan pembangunan kantor KUA melalui skema SBSN (Surat Berharga Syariah Nasional) yang telah berjalan sejak tahun 2015.

“Hanya masalahnya untuk bangun gedung dari SBSN ini tanahnya harus milik kita, sementara kebanyakan gedung KUA masih banyak berdiri di atas tanah Pemda dan tanah wakaf,” imbuhnya.

Dia mengatakan, dari 5.945 jumlah KUA di Indonesia, sebanyak 1.089 di antaranya sudah gedung baru yang dibangun dari anggaran rupiah murni dan SBSN. Untuk 2021, lanjutnya, pembangunan gedung baru KUA ditargetkan sebanyak 135 unit melalui skema SBSN. (HN/Kontributor)