Alasan Kenapa Pintu Harus Ditutup Kala Maghrib

0
3253
Alasan Kenapa Pintu Harus Ditutup Kala Maghrib
Alasan Kenapa Pintu Harus Ditutup Kala Maghrib

Ibadah.co.id – Hal yang seolah menjadi tradisi bagi sebagian keluarga. Ketika magrhrib tiba terkadang kita sebagai anak diharuskan untuk segera masuk kedalam rumah, dan kita diharuskan untuk menutup pintu kala itu. Ada yang tahukan apa alasan dibaliknya?

Hal tersebut ternyata memang disunahkan dalam Islam dengan berbagai alasan. Dalam buku yang berjudul Hadiah Indah Penjelasan Tentang Sunah-Sunah Sehari-Hari yang ditulis oleh Abdullah Hamud al-Furaih, dalam buku  tersebut dijelaskan hikmah dan anjuran menutup pintu dan meminta anak-anak supaya segera masuk kedalam rumah ketika petang hari menjelang maghrib. Alasan pertama, hal ini ditujukan untuk menjaga kita dari setan dan jin.

Pada waktu tersebut, setan sedang berkeliaran. Dianjurkan untuk orang tua agar menahan anak-anaknya untuk tidak keluar rumah kala tersebut.

Lansiran dari republika.co.id, begitu pun juga dengan menutup pintu dan menyebut nama Allah SWT saat menutupnya. Berapa banyak anak atau rumah yang dikuasai setan pada waktu ini sementara penghuninya tidak menyadarinya. Sungguh besar perhatian Islam kepada anak-anak dan rumah-rumah kita.

Ini berdasarkan hadis Jabir bin Abdullah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Jika malam mulai datang, atau datang waktu sore kepada kalian, maka tahanlah anak-anak kalian, karena setan berkeliaran pada saat itu. Jika sesaat waktu malam sudah berlalu, maka biarkanlah. Tutuplah pintu-pintu dan sebutlah nama Allah, karena setan tidak dapat membuka pintu yang tertutup.” (HR Bukhari)

Dalam riwayat Muslim pun dijelaskan dalam hadis, “Jangan kalian melepaskan hewan-hewan ternak kalian dan anak-anak kalian jika matahari telah terbenam sampai hilang kegelapan isya. Karena setan-setan berkeliaran jika matahari telah tenggelam sampai hilang waktu isya.”

Imam an-Nawawi berkata, “Maksud ‘tahanlah anak-anak kalian’ adalah jangan biarkan mereka keluar rumah pada waktu itu. Sabdanya, “Sesungguhnya setan berkeliaran.” Maksudnya adalah jenis setan. Artinya, dikhawatirkan anak-anak pada waktu itu terkena gangguan setan, karena banyaknya mereka pada saat itu, wallahu a’lam.(HN/Kontributor)