Umat Buddha Gelar Karya Bhakti Bebas Plastik Indonesia Cantik

0
346
Umat Buddha Gelar Karya Bhakti Bebas Plastik Indonesia Cantik
Umat Buddha Gelar Karya Bhakti Bebas Plastik Indonesia Cantik

Ibadah.co.id – Ribuan umat Buddha Jakarta dan sekitarnya yang tergabung dalam Gerakan Peduli Sekitar Kita (GPSK) dan Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi) menggelar aksi Karya Bhakti#Bebas Plastik, Indonesia Cantik di sekitaran kawasan Car Fee Day Jakarta.

Acara peduli lingkungan yang didukung Kementerian Agama ini diawali dengan prosesi pelepasan ribuan peserta di depan Kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin Jakarta, Minggu (06/10).

Prosesi pelepasan aksi Karya Bhakt i#Bebas Plastik, Indonesia Cantik di sekitaran kawasan Car Fee Day Jakarta ini ditandai dengan pemakaian rompi peserta oleh Dirjen Bimas Buddha Caliadi, Ketua Umum Permabudhi dan Ketua Umum Majelis Nichiren Shoshu Buddha Dharma Indonesia Pandita Aiko Senosoenoto.

Peserta yang berasal dari seluruh lapisan masyarakat tesebut membawa ragam tagline menarik misalnya, Minta Mau Sayang Pacar Sayangi Lingkungan Dulu, Jakarta Kamu Cantik Tapi Aku Belum Mencitaimu, Gak Tau Kalau Sudah Bebas Plastik Tunggu Aja.

Ada juga tagline Biarkan Aku Terpeleset Karena Cantikmu Bukan Sampah Plastikmu dan Yuk Percantik Lingkungan Jangan Cuma Percantik Diri serta tagline mengugah lainnya.

Mewakili Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Dirjen Bimas Buddha Caliadi memberikan apresiasi atas gerakan peduli lingkungan yang dilakukan umat Buddha Jakarta dan sekitarnya.

“Kami mendukung dan memberikan apresiasi atas gerakan peduli lingkungan ini. Gerakan peduli lingkungan ini menjadi momentum dalam mewujudkan Indonesia bebas plastik,” kata Caliadi dalam sambutannya menjelang pelepasan peserta.

“Ini adalah bagian rasa cinta tanah air. Semoga gerakan peduli lingkungan ini dapat digelar secara berkelanjutan,” harap Caliadi.

Sementara itu Ketua Umum Permabudhi, Arief Harsono menyatakan kebersihan lingkungan adalah tangung jawab bersama. “Bukan saja tugas petugas, namun juga tanggung jawab kita semua untuk menjaga lingkungan ini demi generasi hari ini dan akan datang,” ujar Arief.

Ia menambahkan kegiatan serupa juga diadakan secara serempak oleh umat Buddha di berbagai daerah. Kegiatan ini merupakan bagian dari program  acara Wahana Negara Raharja 2019 yang merupakan rangkaian memperingati hari jadi majelis Nichiren Shoshu Buddha Dharma Indonesia yang ke 55 tahun.

“Terima kasih, apresiasi dan penghargaan yang tinggi kami kepada Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang telah berkenan menjadi tuan rumah dalam acara Gerakan Peduli Sekitar Kita ini,” kata Arief. (RB/kemenag.go.id)