Pandemi Covid-19, Menag: Ciptakan Pendidikan Kreatif

0
74
Tragedi Penusukan Syekh Ali Jaber, Menag Ingatkan Pelajaran Kisah Sahabat Nabi
Tragedi Penusukan Syekh Ali Jaber, Menag Ingatkan Pelajaran Kisah Sahabat Nabi/dok

Ibadah.co.id –  Kementerian Agama (Kemenag) Fahcrul Razi dalam sambutannya di depan jajaran kepala sekolah menyarankan untuk meningkatkan sistem kegiatan belajar mengajar (KBM) yang inovatif, kreatif dan selalu mengasyikkan di masa pandemic covid-19.

“Dalam melaksanakan pembelajaran pada situasi pandemi ini, kepala madrasah harus memiliki cara-cara yang inovatif, kreatif, dan adaptif dengan tetap mengedepankan prioritas kesehatan para siswa dan guru,” ujar Menag saat bertemu Kepala Madrasah Negeri dan sejumlah pimpinan pondok pesantren di Banten, Rabu (26/08) dikutip dari Kemenag.

Selain itu, Kemenag menambahkan, adanya teknologi dimanfaatkan untuk meningkatkan jalinan silaturrahmi dan komunikasi antara pihak sekolah dengan orang tua siswa, terutama dalam hal sekolah daring.

“Kepala madrasah sekurang-kurangnya harus mampu berfungsi sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, innovator, dan motivator,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, Kemenag meminta kepada sejumlah kepala sekolah untuk mampu menciptakan lingkungan madrasah yang kondusif, komunikasi yang bagus kepada para karyawan madrasah dan mendorong terciptanya pendidikan yang efektif efektif dalam hal belajar mengajar di lingkungan madrasah.

Tentang masalah tatap muka, Menag mengatakan, dapat dilakukan seperti biasanya, jikalau tempat atau lingkungan serta seluruh karyawan berada dalam daerah zona hijau.

“Pembelajaran tatap muka di madrasah dapat dilakukan bila keempat hal ini terpenuhi yaitu: tempat, guru, dan siswa dipastikan  aman Covid-19,  serta betul-betul menerapkan protokol kesehatan dengan baik,” tandasnya. (HN/Kontributor)