Wapres Dorong Santri Indonesia di Luar Negeri dalam Menciptakan Perdamaian Dunia

0
23
Wapres Berharap Hubungan Indonesa dan Korea Semakin Erat Lewat K-Pop
Wapres Berharap Hubungan Indonesa dan Korea Semakin Erat Lewat K-Pop

Ibadah.co.id – Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin mendorong santri Nahdlatul Ulama (NU) yang ada di luar negeri dalam meningkatkan diplomatik jalur kedua atau second track diplomaticy dalam menyelesaikan sengketa permasalahan dunia.

Dikutip dari Antara News, Selasa (15/09), Wapres menyampaikan masalah urgen terkait permasalahan dunia dan mendorong santri Indonesia dalam berkontribusi di dalamnya dalam Web Seminar Rois Syuriah Pengurus Cabang Istimewa (PCI) NU Antarnegara yang diselenggarakan secara daring Selasa 15 September 2020.

Dia menegaskan, adapun diplomatik yang dilakukan para santri yaitu: menyelenggarakan dialog antaragama, budaya, peradaban, yang menjunjung Islam moderat dan toleran.

“Santri Indonesia yang memiliki potensi dan peduli terhadap masalah perdamaian dunia, perlu memberikan kontribusi melalui second track diplomaticy yang dilakukan oleh aktor-aktor non pemerintah,” ujarnya.

Selain itu, Ma’ruf menambahkan, ia berharap kepada seluruh santri untuk berperan aktif dalam misi perdamaian dunia, seperti yang dilakukan pemerintah dengan mendukung kemerdekaan Palestina, perdamaian di Afganistan, serta menyelesaikan krisis kemanusiaan di Rakhine State dan Filipina Selatan.

Dirinya juga berharap, kerja sama internasional yang telah dibangun sampai saat ini oleh pemerintah dapat berjalan secara optimal melalui dialog yang mendukung demokrasi dan hak asasi manusia terutama bagi minoritas. (HN/Kontributor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here