Kemenag dan Indosat Tbk Adakan Kerjasama Paket Data Murah Bagi PTKIN

0
210
Kemenag dan Indosat Tbk Adakan Kerjasama Paket Data Murah Bagi PTKIN
Kemenag dan Indosat Tbk Adakan Kerjasama Paket Data Murah Bagi PTKIN

Ibadah.co.id – Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) dan Indosat Tbk mengadakan kerjasama paket data murah bagi mahasiswa dan civitas akademika Pergurun Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Hal ini untuk mempermudah mahasiswa dan civitas akademika PTKIN dalam proses belajar-mengajar via daring. Proses belajar-mengajar daring ini sudah berlangsung beberapa bulan dan mungkin akan berlanjut ke depannya.

Seperti dilansir kemenag.go.id pada 07/07/2020, Kemenag tengah berupaya membantu mahasiswa dan civitas akademika Pergurun Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) terdampak Covid-19. Salah satu upaya yang dilakukan, bekerjasama dengan PT Indosat Tbk. dalan Program Layanan Digital dan Mobile untuk mendukung pembelajaran daring di PTKI.

Penandatanganan perjanjian kerja sama ini dilakukan oleh Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Arskal Salim dengan Chief Business Officer PT Indosat Tbk. Bayu Hanantasena, di Jakarta, Selasa (07/07).

Dengan kerjasama ini, Indosat akan memberikan dukungan paket kuota data dengan harga terjangkau untuk mendukung pembelajaran daring di PTKI khususnya para mahasiswa, tenaga pengajar dan karyawan dalam menghadapi situasi pandemi covid-19.

Arskal Salim menuturkan, pandemi Covid-19 telah mendorong transformasi belajar dari tatap muka menjadi daring. Ke depan, pembelajaran daring ini akan terus dikembangkan sebagai pilihan.

“Untuk itu, Direktorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) terus berupaya meningkatkan sinergisitas dengan berbagai pihak dalam proses pembelajaran daring, salah satunya Indosat,” tutur Arskal.

Kesepakatan kerja sama ini berlaku untuk satu semester tahun ini. Namun, kata Arskal, tidak menutupkemungkinan kerja sama tersebut dilanjutkan, mengingat pembelajaran daring dapat menjadi opsi yang efektif saat menghadapi kondisi tertentu, termasuk Covid-19.

“Ini adalah awal yang baik. Kita semua ingin berkontribusi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kapasitas bagi sumber daya manusia kita ke depan,” tuturnya.

Chief Business Officer PT Indosat Tbk. Bayu Hanantasena menuturkan, mau tidak mau Indonesia memang harus memperkuat ekosistem pendidikan daring. Indosat juga berkomitmen untuk berkontribusi dalam membangun manusia Indonesia melalui pendidikan. “Salah satunya kita harus memperkuat ekosistem pendidikan daring dan ini sudah menjadi tekad kita,” ujar Bayu.

“Saat ini memang Indonesia sudah bisa menggelar pendidikan online. Namun jika sumber daya semua terserap ke sana, kecepatannya juga akan terbatas,” lanjutnya.

Setelah penandatanganan perjanjian kerjasama ini, Indosat akan memberikan layanan terjangkau untuk kebutuhan telekomunikasi di PTKI. Pergurun tinggi binaan Kemenag ink dapat melakukan pemesanan layanan paket data dengan harga yang terjangkau.

Hadir dalam acara penandatanganan kerjasama antara Diktis-Indosat Tbk, para Kasubdit dilingkungan Direktorat PTKI, Kasubbag TU dan unsur PT. Indosat Tbk. (RB)