Pengumuman Hasil Seleksi Ujian Masuk Kampus Islam Negeri 2020

0
91

Ibadah.co.id- Hasil Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN) 2020 telah diumumkan secara resmi oleh Kementerian Agama. UMPTKIN sendiri merupakan ujian masuk Perguruan Tinggi Islam Negeri seperti Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) yang dilaksanakan serempak secara nasional.


Melansir dari nu.or.id pada Selasa (25/08/20), Muhammad Ali Ramadhani selaku Direktur Jenderal Pendidikan Islam mengungkapkan bahwa terdapat 135.444 calon mahasiswa baru yang telah mendaftarkan diri dengan jalur UMPTKIN pada 2020 ini. Tapi hanya 132.929 yang akan diterima untuk mengikuti ujian masuk yang panitia tetapkan. Hal ini menunjukkan bahwa selama kurun waktu tiga tahun terakhir minat calon mahasiswa terhadap Perguruan Islam Negeri meningkat. Tahun 2019 tercatat hanya 122.981 yang mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa baru. Sedangkan tahun 2018, terdapat 103.444 calon mahasiswa yang mendaftarkan diri.

“Dari laporan panitia tersebut, tren penaikan ini menunjukkan bahwa minat masyarakat untuk masuk ke perguruan tinggi Islam sebagai wujud kepercayaan terahadap kualitas dan mutu lulusanya selama ini,” ungkapnya.


Dia memaparkan bahwa tahun ini sistem penerimaan sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu melalui daring online. Hal tersebut dilakukan mengingat kasus pandemi covid19 yang masih ada hingga saat ini.


Kemudian, Ramdhani menjelaskan bahwa rekapitulasi Sistem Seleksi Elektronik (SSE) yang berhak mengikuti ujian masuk sebanyak 118.414 dari 132.929 yang mendaftar. “Artinya, tingkat partisipasi peserta mengikuti ujian sebanyak 89,08 persen,” ucap Ramdhani. Hal ini diputuskan dengan ketentuan yang telah diberlakukan oleh panitia.


Sedangkan Program Studi yang paling banyak dipilih yaitu Hukum Ekonomi Syariah UIN Ar-Raniry Banda Aceh, disusul secara berurutan, Ekonomi Syariah UIN Sunan Ampel Surabaya, Jurusan Farmasi UIN Alauddin Makassar, Manajemen Keuangan Syariah UIN Sunan Gunung Jati Bandung dan terakhir Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.


Kemudian untuk mengecek hasil kelulusan, dapat dilihat di https://pengumuman.um-ptkin.ac.id/ pada Senin (24/08/20). (DAF)