Belum Diumumkan Resmi Terkait Umrah, Konsul Haji: Saudi Izinkan Orang Luar Masuk

0
42
Belum Umumkan Resmi Terkait Umrah, Konsul Haji: Saudi Izinkan Orang Luar Masuk
Belum Umumkan Resmi Terkait Umrah, Konsul Haji: Saudi Izinkan Orang Luar Masuk/pixsabay

Ibadah.co.id – Mengingat pandemi covid-19 belum selesai di Arab Saudi sehingga kegiatan ibadah, seperti haji dan umrah mengalami penundaan sampai waktu pandemi berakhir.

Namun, pada ibadah haji tahun 2020, pemerintah Arab Saudi membuka kegiatan ibadah umrah dengan jumlah terbatas. Sementara, pemerintah Indonesia belum mengizinkan keberangkatan jamaah haji asal Indonesia, mengingat pandemi dan kesehatan para jamaah adalah hal yang paling penting.

Adapun masalah umrah, Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali menegaskan bahwa Arab Saudi hingga saat ini belum mengumumkan secara resmi kapan akan membuka izin penyelenggaraan umrah.

“Terkait Umrah belum ada pengumuman resmi. Pernyataan Mendagri Saudi menegaskan bahwa rencana izin pembukaan kembali pelaksanaan umrah akan diumumkan secara bertahap, dan akan diputuskan kemudian berdasarkan perkembangan pandemik,” jelas Endang di Jeddah, Selasa (15/09), dikutip dari Kemenag.

Dia akan mengklarifikasi terkait pengumuman umrah dari pemerintah Arab Saudi, apakah pengumuman tersebut terbuka untuk lokal atau dari luar.

Namun, dia menambahkan, pemerintah Arab Saudi memberikan pengecualian dengan mengizinkan beberapa kategori warga Saudi untuk bepergian dengan mematuhi ketentuan dan persyaratan, di antaranya: pegawai negeri (sipil dan militer) yang ditugaskan untuk tugas resmi, pegawai pada perwakilan diplomatik, konsulat, serta atase Saudi di luar negeri, pegawai lembaga publik, swasta dan mereka yang memiliki kedudukan pekerjaan di perusahaan luar Saudi.

Pengecualian lainnya berlaku bagi pengusaha yang bisnisnya menuntut melakukan perjalanan, pasien yang memerlukan perjalanan ke luar Saudi untuk perawatan, serta pelajar yang memerlukan perjalanan ke negara tempat mereka belajar. (HN/Kontributor)