Aplikasi Aminin, Aplikasi Qur’an Mahakarya Pemuda Indonesia

0
151

Ibadah.co.id-Di tengah mewabahnya covid-19 pada bulan Ramadhan. Kreasi pemuda Indonesia tidak menyurutkan untuk berinovasi dalam dunia digital. Maka, munculnya aplikasi Aminin adalah aplikasi yang dapat mempermudah umat muslim belajar Al-Quran, Hadis dan agama.

Aplikasi Aminin sebagai aplikasi pertama Al-Quran yang sangat interaktif karya anak bangsa memiliki keunggulan yang berbeda daripada aplikasi Quran yang lain. Adapun keunggulan ini meliputi, Quran, Latih Quran, dan Ruang Diskusi.

“Aminin telah menjadi digital Qu’ran rujukan. Adapun kontennya dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan nash dan sanad. Konten Aminin dikurasi, disupervisi, dan diverifikasi langsung oleh para ulama di bidang Al-Quran yang tergabung di dalam  Jam’iyyatul Qurra’ al-Huffazh (JQH),” ujar CEO Aminin, Herujito, di Jakarta, Jumat (15/5).

Adapun beberapa fitur pendukung dalam aplikasi Aminin, di antaranya: pengingat waktu shalat, petunjuk arah kiblat, azan merdu dan ruang diskusi bersama para ustadz dan ustadzah Aplikasi Aminin.

Untuk fitur Al-Quran, Aplikasi Aminin menampilkan Al-Quran secara digital dengan standar mushaf pojok. Ada fitur untuk bookmarking dan note-taking juga. Ada juga mesin pencarian nama surat atau nomor surat sehingga pengguna sangat dimudahkan.

Selanjutnya, fitur diskusi, ini merupakan dialog interaktif oleh Ustadz atau Ustadzah secara real time. Mereka dihadirkan sebagai narasumber yang memiliki pengetahuan dan kedalaman ilmu di bidangnya, serta tervalidasi untuk memberikan pemahaman secara akurat.

Tak kalah pentingnya lagi, aplikasi Aminin memiliki perbedaan dengan beberapa aplikasi Al-Quran, yaitu fitur Latih Qur’an. Fitur ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu: pemula dan mahir. Tak kalah asyiknya lagi, ditambahkan skor/nilai untuk pengguna menjawab pertanyaan sebelum melangkah ke pertanyaan atau level selanjutnya. Juga, aplikasi Aminin dilengkapi dengan audio pelafalan huruf hijaiyah terjemahan, tafsiraan dan lainnya.

“Gunakanlah aplikasi digital Al-Qur’an yang sumbernya jelas dan tepercaya agar Anda tidak tergelincir dengan pemahaman yang keliru tentang ajaran Islam dan dapat lebih dekat dengan ajaran Islam yang diajarkan para ulama,” kata Ketua Umum Jam’iyyatul Qurrawal-Huffazh (JQH) KH Saifullah Ma’shum.

Menurut dia, aplikas Aminin menjadi jawaban dan kebutuhan umat Islam khusus di Negara Indonesia yang mayoritas Islam. “Mengikuti perkembangan zaman maka aplikasi digital yang tepercaya bagi umat Islam seperti Aminin ini dapat menjadi salah satu sarana berhijrah bagi anak muda untuk memahami ajaran agamanya, dengan pondok pesantren tetap menjadi titik episentrumnya,” kata Saifullah Ma’shum menambahakan. (HN/Kontributor)