Cara Menghafal Al-Quran dengan Indra Perekam Mata Versi Syekh Ali Jaber

0
259

Ibadah.co.id – Semua orang bermimpi dapat menghafal Al-Quran. Sebab, seorang tahfidz dapat memberikan syafaat kepada manusia yang ia kehendaki di hari kiamat sebanyak tujuh orang. Namun, rasa bosan dan ngantuk sering kali menghampiri saat mulai menghafal Al-Quran. Setan terus saja mengganggu anak Adam untuk melakukan kebaikan. Oleh karena itu, Syekh Ali Jaber memberikan tips menghafal Al-Quran dengan mudah dan cepat.

Dilansir dari laman Portaljember yang melansir akun YouTube Vertizone TV, Syekh Ali Jaber sedang memberikan tausiyah juga memberikan tips menghafal Al-Quran selama 30 detik di satu baris suatu ayat dan suatu surat.

1. Memperbaiki Posisi Duduk

Biasanya seseorang membaca atau niat menghafal Al-Quran dengan posisi bersila, yaitu Al-Quran di atas dampar atau tempat Al-Quran atau di atas paha dengan dibaca dari atas. Tentunya, menurut Syekh Ali Jaber, hal tersebut kurang efektif, sebab posisi menunduk akan cepat mengantuk dan otak tidak stabil di mana posisi otak ke arah bawah. Oleh karena itu, posisi yang efektif dalam menghafal Al-Quran adalah sejajar dan di hadapkan wajah, geser ke kiri lebih sedikit, namun kepala tetap lurus.

2. Menggunakan Mata sebagai Perekam

Jika sudah melakukan proses di atas, adalah memfokuskan mata pada setiap ayat yang dihafalkan. Menurut Syekh Ali Jaber, mata bertugas sebagai perekam setiap ayat yang akan dihafalkannya.

3. Tidak Perlu Menghafal atau Membaca

Setelah melakukan kegiatan di atas, maka kita tidak perlu untuk menghafal, membaca atau memikirkan. Cukup mata difungsikan sebagai alat scanning setiap bacaan.

“Mata itu sebenarnya 70 kali hebat daripada alat scan, sekali melihat langsung bisa terekam. Karena belum terbiasa, maka sangat disayangkan sekali bentuk nikmat mata,” tegas Syekh Ali Jaber.

4. Memfokuskan Mata untuk Merekam

Menurut Syekh Ali Jaber, kenapa banyak orang kesulitan menghafal Al-Quran? Salah satu hal paling dasar adalah disebabkan ketidakfokusan pada bacaan atau ayat yang ingin dihafalkan, dalam hal ini diutamakan mata dan pikiran. Adapun cara jika belum fokus, bisa dilalui dengan buang dan tarik napas pelan-perlahan.

5. Memejamkan Mata, Lalu Lafalkan Bacaan

Setelah semuanya di atas dilakukan selama 30 detik, maka kita pejamkan mata dan melafalkan bacaan ayat yang dihafalkan. Anda bisa meminta bantuan orang lain untuk mengoreksi bacaan Al-Quran. Kebanyakan yang pernah melakukan namun mereka tidak berhasil, yaitu mereka yang tidak bisa memfokuskan mata dan mengkonsentrasikan pikiran. (HN/Kontributor)