Era Digital, Sekjen PBNU : Media Sosial Jadi Platform Dakwah Pilihan Milenial
Ibadah.co.id –Di era serba digital, Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) HA Helmy Faishal Zaini menekankan sebagai keluarga besar NU, harus mengambil peran strategis dalam berdakwah. Ia mengajak seluruh lembaga ataupun banom NU untuk memaksimalkan media sosial.
“Dakwah merupakan jalan kita untuk meneruskan sekaligus melakukan transformasi besar agar bisa berubah dari masyarakat yang gelap menuju masyarakat yang terang benderang,” ujar Sekjen PBNU di Gedung PBNU Jakarta Pusat, Senin (12/4).
Helmy juga menyebut bahwa organisasi masyarakat yang tidak menjadikan sosial media sebagai platform di dalam dakwahnya akan menjadi fosil sejarah.
“Saat ini masyarakat berubah, dari ruang yang serba fisik, sekarang serba siber. Artinya, ketika kita menganggap transformasi digital tidak sebagai pilihan maka kita akan menjadi masyarakat yang ketinggalan,” ujar Helmy seperti dikutip dalam NU Online.
“Kita dapat mengubah masalah menjadi maslahah,” sambungnya.
Ia mengingatkan bahwa dai milenial yang memiliki jutaan followers, jauh lebih berpengaruh kepada masyarakat dibandingkan seorang ulama yang tidak tersentuh oleh sosial media.
“Maka tugas LDNU ini melakukan transformasi besar agar dakwah NU benar benar sampai ke kalangan milenial,” pesannya.
Tahun 2025 yang akan datang, ia menyebut hampir 70 persen penduduk Indonesia dipenuhi oleh milenial. Apabila LD PBNU tidak memiliki platform digital dalam dakwahnya, tentu milenialis akan memilih platform dakwah lain. Sehingga Sekjen berharap media-media NU terus berkolaborasi di era media sosial. (EA)
Baca Juga : Tindaklanjuti Program Prioritas dan Tata Kelola, Menag Sebut 6 Hal Ini