Yuk Simak Cara Memaknai Hari Pahlawan Menurut Islam

tugu pahlawan
Sumber : Pixabay.com || Tugu Pahlawan.

Ibadah.co.id – 10 November 2020 bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan. Banyak sekali persoalan mengenai gelar pahlawan menjadi isu yang menarik banyak gagasan yang bermunculan terkait dengan gelar pahlawan ini. Namun, Islam ternyata juga memaknai Hari Pahlawan.

Di Indonesia sudah banyak pahlawan yang berjuang untuk menegakan kemerdekaan bangsa dan negara, mereka memiliki jasa besar terhadap generasi penerus bangsa tanpa perjuangan mereka maka negeri ini tidak akan ada.

Seseorang dijuluki pahlawan karena jasa-jasanya dalam memperjuangkan Negara dan bangsa ini untuk memperoleh kemerdekaan nya, dan seorang pahlawan berjuang karena mencintai negeri dan tanah tumpah darahnya. Dalam perspektif Islam, pahlawan dapat dimaknai sebagai orang Islam yang berjuang menegakan kebenaran Al Haq demi memperoleh Ridha Allah SWT.

Baca Juga : Sinergi BAZNAS-Danareksa Bangun Sanitasi Layak Warga Kurang Mampu

Disini makna kebenaran adalah segala sesuatu baik berupa perintah maupun larangan yang datang dari Allah SWT melalui ajaran syariat islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW. Dengan demikian pahlawan dalam perspektis islam harus memiliki koridor dan konteks ini memperjuangankan kebenaran dan untuk menjunjung tinggi nilai luhur Islam sebagai agama yang benar.

Lalu dalam konteks lainnya, pahlawan dalam Islam adalah orang Islam yang berjuang membela tanah aIR dan mempertahankan bangsa dan Negara dari penindasan dan penjajahan. Dan dalam perspektif Islam juga yang disebut pahlawan pasti memiliki kontribusi atau jasa besar bagi orang lain.

Sebagai mana Sabda Nabi Muhammad SAW, “Khairunnas Anfauhum Linnas” yang artinya “sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainya,”. (AFZ)

Baca Juga : Sinergi BAZNAS-Danareksa Bangun Sanitasi Layak Warga Kurang Mampu