Take a fresh look at your lifestyle.

- Advertisement -

Tunggu Kepastian Resmi Saudi, Kemenag Tetap Lakukan Persiapan Ibadah Haji

1 153

Ibadah.co.id –Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas memastikan pihaknya terus melakukan persiapan penyelenggaraan ibadah haji. Rencananya, pembahasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) juga mulai dilakukan dengan Komisi VIII DPR. Selain itu, penyiapan dokumen jemaah juga tetap dilakukan secara bertahap.

Sebelumnya, Kemenag telah membentuk tim manajemen krisis pada akhir Desember 2020 lalu untuk terus mempersiapkan beragam scenario dan melakukan koordinasi dengan pihak Saudi melalui Konsul Haji KJRI Jeddah.

“Kepastian tunggu info resmi dari Saudi. Sampai hari ini, belum ada info resmi dari Saudi terkait kepastian penyelenggaraan ibadah haji 1442 H/2021 M,” tegas Gus Yaqut di Jakarta, Selasa (9/3).

Diketahui, Kementerian Kesehatan Saudi mensyaratkan vaksin bagi jemaah haji. Namun, kabar tersebut belum diketahui apakah informasi tersebut bersifat internal Saudi atau juga untuk negara lain, dikarenakan belum adanya surat atau pemberitahuan resmi dari Saudi.

“Dalam berita, kan, tidak ada penegasan syarat vaksin itu apakah untuk persiapan internal Saudi, ataukah juga merupakan pesan buat negara pengirim jemaah lainnya. Tidak ada keterangan tentang itu,” tegas Gus Yaqut.

Sementara itu, Konsul Haji KJRI Jeddah, Endang Jumali mengatakan pernyataan Menteri Kesehatan Saudi bukan kepada jemaah haji tapi terkait petugas medis internal Kemenkes Saudi yang akan berpartisipasi pada musim haji tahun 2021.

“Saya sudah koordinasi dengan pihak Kemenkes Saudi dan Jubir Kemenhaj bahwa untuk petugas haji dari luar Saudi dan jemaah haji luar Saudi belum ada pernyataan terkait vaksin ataupun yang lainnya,” imbuhnya. (EA)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

1 Comment
  1. […] –Jelang pelaksanaan muktamar ke-22, Pengurus Besar (PB) Al Washliyah sambangi Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di kantor Kementerian Agama. Muktamar Al-Washliyah rencananya berlangsung pada 18 – 20 Maret 2021 […]

Leave A Reply

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy