Take a fresh look at your lifestyle.

- Advertisement -

Kiai Said : NU Harus Jadi Kiblat Peradaban Umat Muslim di Dunia

0 83

Ibadah.co.id –Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj menegaskan bahwa NU mampu menjadi kiblat peradaban umat Muslim di dunia. Berkat NU, keberagamaan di Indonesia masih dapat dijaga persatuan dan kesatuannya. Sementara dunia Islam di luar negeri banyak yang mengalami kehancuran.

“Kita harapkan dengan Islam Nusantara ini menjadi qiblatul muslimin tsaqfatan wa hadaratan. Kiblatnya umat Islam dunia, bukan kiblat shalat, tapi kiblat peradaban,” jelas Kiai Said dalam Forum Afkar 2021 Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) PBNU.

Pengasuh Pesantren Luhur Al Tsaqafah ini juga menegaskan bahwa NU memiliki misi internasional. NU memiliki prinsip tri ukhuwah yang salah satunya adalah ukhuwah insaniyah, sehingga tidak hanya berperan soal ukhuwah Islamiyah dan wathaniyah saja tetapi juga mengenai persaudaraan kemanusiaan.

Baca Juga : Buka Rakornas LPNU, Kiai Said Tegaskan Pentingnya Pemerataan Ekonomi Umat

“Itu artinya NU punya misi internasional. Barakah, manfaat, dan maslahat untuk peradaban dunia,” ujar Kiai Said dalam pembukaan Forum Afkar 2021 Lakpesdam PBNU secara virtual, pada Rabu (7/4).

Sejalan dengan Kiai Said, Katib Aam PBNU KH Yahya Cholil Staquf menegaskan bahwa NU memiliki semangat konsensus dalam menyelesaikan problematika masyarakat global.

Ia menyebut bahwa Ahlussunnah wal Jamaah sendiri juga merupakan upaya konsensus dari pertarungan politik dan liarnya pergulatan wacana keagamaan. (EA)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy