Take a fresh look at your lifestyle.

- Advertisement -

Profesor Jepang Ini Sampaikan Urgensi Jurnal Islam Nusantara

0 110

Ibadah.co.id –Fakultas Islam Nusantara Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia) menggelar Bedah Jurnal Islam Nusantara Edisi Kedua dan Diskusi Moderasi Beragama pada Kamis (15/4) di Kampus .

Guru Besar Universitas Chuo, Tokyo, Jepang Hisanori Kato menyambut baik hadirnya jurnal tersebut. Bahkan dirinya mengisi tulisan mengenai eksplorasi realitas dan aspirasi Muslim di Indonesia dalam jurnal tersebut.

Kato menyampaikan dua urgensi jurnal Islam Nusantara dalam dunia akademik. Pertama, kehadiran jurnal tersebut penting untuk menguji aspek budaya sosial Nusantara, baik dilihat secara domestik maupun internasional. Kedua, jurnal ini dapat menjadi jembatan untuk meningkatkan kualitas akademik Indonesia.

Senada dengan Kato, Guru Besar Universitas Emori, Amerika Serikat, James B Hosterey juga menyampaikan kekagumannya atas penerbitan jurnal Islam Nusantara edisi kedua ini.

Pasalnya, ia melihat proses penyusunan jurnal ini yang diawali dengan pembentukan komunitas akademik secara global dengan melibatkan para sarjana dari berbagai kampus di seluruh dunia.

“Saya sangat salut dengan proses Pak Dekan dan teman-teman karena sudah membuat komunitas. Ada sesuatu yang istimewa dalam jurnal ini,” ujarnya.

Ia mengatakan, kualitas tingkatan jurnal di Indonesia semakin lama, semakin bagus. Bahkan, ia mengatakan bahwa sarjana Barat diharuskan mengutip hasil penelittian dari ilmuwan Indonesia.

Baca Juga : IAIMNU Metro Jadi PTKIS Pertama yang Miliki Jurnal Terindeks Scopus

“Kalau kami di dunia Barat sekarang ini pasti dimarahi kalau tidak ada sitasi kawan-kawan scholar Indonesia,” lanjut akademisi yang akrab disapa Aa James itu.

Menurutnya, pelibatan para sarjana luar negeri sangat penting, yaitu untuk peningkatan di dunia internasional dan pengembangan diskursus Islam Nusantara.

“Kalau merangkul akademisi luar sangat bagus. Bukan hanya peningkatan internasional saja, tetapi karena komunitas untuk menggali Islam Nusantara ini semakin kuat,” tandasnya.

Jurnal Islam Nusantara ini tersedia secara daring dalam format PDF. Jurnal ini dapat diunduh secara gratis melalui laman berikut http://journal.unusia.ac.id/index.php/ISLAMNUSANTARA (EA)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy