Take a fresh look at your lifestyle.

- Advertisement -

Gubernur BI Sebut Empat Langkah Transformasi Wakaf Produktif, Apa Saja?

1 92

Ibadah.co.id– Dalam memaksimalkan wakaf produktif, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memaparkan empat langkah melakukan transformasi wakaf sehingga mampu menjadi pilar perekonomian Indonesia.

“Kalau kita lakukan berjamaah Insya Allah wakaf semakin menjadi pilar penting dalam perekonomian Indonesia, perekonomian umat, dan kesejahteraan umat kita,” ujarnya dalam acara Webinar Wakaf Produktif di Jakarta, Jumat.

Ia menyebut langkah pertama adalah kemampuan untuk merancang atau mendesain suatu proyek produktif berbasis wakaf. Sebab, selama ini wakaf sering lebih banyak diasosiasikan dengan kuburan atau musala.

Padahal menurut Perry jika merujuk dalam peradaban Islam maka wakaf banyak yang produktif berkaitan dengan perkebunan, pertanian, kompleks perkantoran, tempat perbelanjaan hingga perhotelan.

“Hasil dari proyek-proyek komersial dapat membiayai proyek-proyek peribadatan. Ada kandungan akhirat tapi juga ada kandungan kemaslahatan dunia,” ujarnya.

Kemudian, langkah kedua adalah kemampuan untuk mendesain struktur pembiayaan dari sisi keuangannya karena transformasi wakaf harus mampu menghubungkan wakaf sebagai keuangan sosial dan wakaf komersial seperti Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS).

Ia menjelaskan sukuk adalah keuangan komersial tapi wakaf tunainya merupakan keuangan sosial yang dijadikan suatu produk dengan keterkaitan antara keuangan sosial yaitu wakaf atau zakat dan sedekah dengan keuangan komersial seperti sukuk.

Langkah ketiga adalah kesesuaiannya dan dan ketaatannya terhadap syariat baik dari fiqihnya maupun akadnya. Dirinya yakin, Majelis Ulama Indonesia (MUI) maupun Badan Wakaf Indonesia (BWI) banyak yang menguasai mengenai syariah maupun akad-akadnya.

Langkah terakhir adalah melakukan digitalisasi untuk mempermudah dan mempercepat masyarakat yang ingin melakukan wakaf yaitu salah satunya melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

“Digitalisasi sistem pembayaran QRIS ini memudahkan kapan pun, dimana pun, dan dalam jumlah berapa pun,” ujarnya. (EA)

Baca Juga : BWI Luncurkan Forum Jurnalis Wakaf Pertama di Indonesia

Baca Juga : 180 Orang Terluka, Polisi Israel Bentrok Lagi dengan Warga Palestina

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

1 Comment
  1. […] Baca Juga : Gubernur BI Sebut Empat Langkah Transformasi Wakaf Produktif, Apa Saja? […]

Leave A Reply

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy