Take a fresh look at your lifestyle.

- Advertisement -

Kembangkan Ekonomi Syariah, BSI Siap Jembatani RI dan Uni Emirat Arab

1 97

Ibadah.co.id-Kebangkitan ekonomi syariah semakin terlihat dengan adanya kehadiranj Bank Syariah Indonesia (BSI). Dalam mengembangkan ekonomi syariah nasional, BSI siap menjadi jembatan antara Pemerintah Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA).

“BSI jadi jembatan Indonesia dengan UEA karena dua negara ini ada hubungan erat,” kata Chief of Economist PT. Bank Syariah Indonesia Tbk, Banjaran Surya Indrastomo dalam Economic Outlook PT Bank Syariah Tbk., Jakarta, Kamis (27/5).

Banjaran mengatakan Indonesia dan Dubai bisa saling melengkapi dalam beberapa hal, diantaranya Dubai merupakan salah satu pusat keuangan internasional. Di sisi lain kebutuhan Indonesia dalam hal investasi pembangunan infrastruktur cukup besar.

Bursa efek di Dubai memiliki volume sukuk terbesar di dunia. Hal ini bertepatan dengan Indonesia yang sedang melakukan pendalaman produk keuangan syariah nasional ke pasar global.

Pemerintah UEA juga telah mengembangkan Dubai sebagai Global Islamic Financial Hub sejak 2004. Sementara Indonesia ingin menjadi pusat keuangan syariah dunia. “Paling penting selain memang belum ada BUMN di Timur Tengah tapi pusat likuiditas ini di Timur Tengah,” tandasnya.

Terakhir, UEA memiliki jumlah investor base yang kuat, sehingga hal ini sejalan dengan kebutuhan pendanaan bagi pihak swasta. “Jadi BSI akan menjembatani investasi dengan pendalaman pasar produk syariah dan merealisasikannya,” imbuhnya.

Baca Juga : Wah, Potensi Ekonomi Halal Indonesia Tembus Rp3.000 Triliun Per Tahun

Banjaran memperkirakan peningkatan kerja sama ini tidak hanya sekedar perdagangan. Untuk itu, BSI akan mengambil peran agar berbagai potensi yang dimiliki masing-masing negara bisa semakin optimal.

Misalnya BSI akan memfasilitasi pembiayaan UMKM yang sumber dananya berasal dari Timur Tengah. Sehingga dalam lima tahun ke depan akan ada peningkatan signifikan dari produk UMKM yang diekspor.

“Kami proyeksi ke depan 5 tahun ada peningkatan signifikan terutama di sisi ekspor,”ujarnya. (EA)

Baca Juga : Diakui Dunia, Forbes Nobatkan BSI Sebagai The World’s Best Banks 2021

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

1 Comment
  1. […] Baca Juga : Kembangkan Ekonomi Syariah, BSI Siap Jembatani RI dan Uni Emirat Arab […]

Leave A Reply

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy