Take a fresh look at your lifestyle.

- Advertisement -

Alhamdulillah! Kemenlu RI Berhasil Evakuasi 26 WNI dari Afghanistan

0 72

Ibadah.co.id- Di tengah ketidakpastian pasca Taliban menduduki kekuasaan di Istana Kepresidenan Afghanistan, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI mengevakuasi 26 warga negara Indonesia (WNI) dari Afghanistan dengan pesawat TNI AU.

“Alhamdullilah, Pemerintah Indonesia telah berhasil mengevakuasi WNI dari Kabul, Afghanistan, dengan pesawat TNI AU,” ujar Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, melalui Twitter, Jumat (20/8).

Retno mengatakan bahwa saat ini, pesawat TNI AU yang mengangkut WNI itu sudah berada di Islamabad untuk melanjutkan penerbangan ke Indonesia.

“Tim evakuasi membawa 26 WNI termasuk staff KBRI, 5 WN Filipina, dan 2 WN Afghanistan (suami dari WNI dan staff lokal KBRI),” tulis Retno.

Sebelumnya pada Rabu (18/8), muncul informasi di media sosial tentang disiapkannya pesawat yang dinarasikan akan digunakan menjemput WNI di Afghanistan.

Dalam sebuah akun Twitter bernama @indoflyer, diinformasikan bahwa sebuah pesawat dari Batik Air akan melakukan penjemputan ke Afghanistan pada 19 Agustus 2021.

“A320neo Batik Air PK-BDF akan terbang ke Kabul Afganistan 19 Agustus 2021 untuk menjemput WNI yang ada di sana,” demikian cuitan akun tersebut.

Baca Juga : Taliban Berharab Besar kepada China Bisa Bantu Bangun Kembali Afghanistan

Dalam unggahannya, akun itu juga menyertakan grafis dari situs Flightradar24 yang menunjukkan pesawat akan terbang dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta pada pukul 1.40 dini hari menuju ke Kabul, Afghanistan yang diperkirakan tiba pukul 9 pagi.

Namun saat itu belum ada informasi resmi yang dikeluarkan dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu). Ketika dikonfirmasi, Juru Bicara Kemenlu Teuku Faizasyah mengaku tidak bisa mengonfirmasi informasi tersebut.

“Tidak sederhana penetapan waktu untuk evakuasi. Benar-benar harus diperhitungkan berbagai hal,” ujar Faizasyah dilansir dalam Kompas.com, Rabu (18/8). (EA)

Baca Juga : Ditanya Soal Taliban, Joe Biden : Tidak Akan Berubah!

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy