Take a fresh look at your lifestyle.

- Advertisement -

Ceramah Bermuatan Penghinaan, Wamenag Sebut Perlunya Penguatan Kompetensi Penceramah

0 93

Ibadah.co.id- Saat ini, tengah viral di media sosial sebuah ceramah agama yang dinilai bermuatan ujaran kebencian dan penghinaan atas agama. Menurut Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi, hal itu tidak terlepas dari tingkat kompetensi penceramah, baik yang terkait teknik komunikasi maupun pengetahuan substansi.

“Jelas perlu penguatan kompetensi. Ini bisa menjadi tugas bersama Kementerian Agama dengan Ormas keagamaan di semua agama,” ujar Wamenag seperti dilansir dalam laman Kemenag, Minggu (22/8).

Menurut Wamenag, dalam dua tahun terakhir, Kemenag sudah menggulirkan program tersebut dan perlu dioptimalkan untuk semua Ditjen Bimbingan Masyarakat, baik Islam, Kristen, Katolik, Hindu dan Buddha, termasuk Pusat Pembinaan dan Pendidikan Khonghucu.

Menurut Wamenag, peristiwa ceramah yang dinilai bermuatan ujaran kebencian dan penghinaan tidak hanya terjadi di satu agama. Ada kalanya itu terjadi saat penceramah mengomentari agama lainnya. Padahal, bisa jadi pengetahuannya tentang hal itu terbatas. 

“Ceramah sebaiknya diarahkan untuk memperdalam keyakinan umat, tanpa barus menyinggung keyakinan yang lain. Ini juga bisa menjadi bagian muatan pembinaan oleh Ormas keagamaan,” ujar Wamenag.

Saat ini ada UU ITE yang mengatur aktivitas di dunia maya, termasuk ceramah. Hampir semua masyarakat juga punya gawai yang bisa mereka gunakan untuk merekam lalu menyebarkan isi ceramah. Wamenag menegaskan, perkembangan teknologi berikut regulasinya juga perlu menjadi perhatian para penceramah.

Baca Juga : Viral Ceramah Berisi Ujaran Kebenciaan dan Penghinaan, Menag : Itu Tindak Pidana

“Pemahaman tentang media sosial dan UU ITE juga bisa menjadi muatan pembinaam dalam penguatan kompetensi penceramah,” jelasnya.

Wamenag berharap ceramah tidak diwarnai ujaran kebencian dan penghinaan. Dalam kondisi seperti saat ini, semua pihak mestinya bisa saling merajut kebersamaan dan kerukunan. (EA)

Baca Juga : Nistakan Islam, MUI Desak Polisi Tangkap M Kece

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy