Take a fresh look at your lifestyle.

- Advertisement -

Dukung Pesantrenpreneur, Menko Airlangga : Penggerak Ekonomi Kerakyatan

0 83

Ibadah.co.id- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, santri generasi saat ini haruslah memiliki jiwa kewirausahaan, memiliki keterampilan tertentu yang dibutuhkan masyarakat, pintar dan dapat memanfaatkan peluang, memanfaatkan jaringan untuk berkolaborasi, serta mampu menggunakan teknologi.

Untuk itu, melalui program Pesantrenpreneur, maka dapat menjadi upaya untuk membangun kemandirian ekonomi pesantren dan peningkatan keterampilan santri. Terlebih, dalam pengembangan ekonomi syariah di Indonesia yang sangat potensial.

“Program Pesantrenpreneur juga diharapkan dapat mendorong tumbuhnya kemandirian ekonomi pondok pesantren dan juga sebagai penggerak ekonomi masyarakat sekitar lingkungan pesantren,” ujar Airlangga pada acara Launching Bulan Pemuda dan Kick-Off Pesantrenpreneur 2021 di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah, melalui keterangan resmi pada Rabu (29/9).

Sebagai institusi yang berasal dari masyarakat dan berada di tengah masyarakat, ia menilai, keberadaan pesantren selain memberikan pendidikan keislaman, harus pula menjadi institusi yang dapat memberdayakan masyarakat, terutama di bidang ekonomi.

Pesantrenpreneur dapat memanfaatkan berbagai fasilitas seperti memasarkan produknya melalui UKM Mart, menawarkan jasa seperti membuka pom bensin mini. Pesantren juga dapat menggunakan kelembagaan usaha melalui Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) yang saat ini proses pendiriannya dipermudah sebagaimana diatur dalam UU Cipta Kerja.

Pemerintah berkomitmen terus bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan dalam mengembangkan ekosistem syariah berbasis pondok pesantren. Komitmen ini akan membantu dalam mewujudkan ekonomi kerakyatan yang berkelanjutan.

Ia menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang besar kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga atas kesempatan yang diberikan.

“Semoga Pesantrenpreneur dapat jadi langkah awal menjadikan pondok pesantren menjadi pusat penggerak ekonomi kerakyatan,” kata dia.

Baca Juga : Menkeu Apresiasi Sinergi Perbankan Syariah-PTN Bangun SDM Industri Syariah Berkualitas

Turut hadir dalam acara tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI TB Ace Hasan Syadzily, Menpora RI Periode 1987-1993 Akbar Tandjung, Menpora Periode 1998-1999 (secara virtual) Agung Laksono, Menpora RI Periode 2013-2014 Roy Suryo, Pimpinan Pengasuh Pondok Pesantren Ash-Shidiqiyyah Pusat Ahmad Mahrus Iskandar dan Para Pimpinan Organisasi Kepemudaan Tingkat Nasional.  (EA)

Baca Juga : Jokowi Teken Perpres Dana Abadi Pesantren, Gus Jazil : Kado Istimewa…

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy