Take a fresh look at your lifestyle.

- Advertisement -

Dorong PEN dengan Perkuat Ekonomi Syariah, Sekjen MES : Mari Kita Akhiri Ironi Ini

1 95

Ibadah.co.id- Dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi nasional akibat dampak pandemi Covid-19, Sekretaris Jenderal Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Iggi Haruman Achsien mengajak seluruh masyarakat mendukung perkembangan ekonomi dan keuangan syariah.

“Mari kita akhiri ironi ini bahwa masyarakat muslim terbesar juga memberikan kontribusi ekonomi yang lebih besar dan jauh lebih signifikan untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia,” ujarnya dalam webinar “Islamic Finance Summit 2021” yang dipantau di Jakarta, Kamis (30/9).

Iggi Achsien, yang hadir mewakili Ketua Umum MES Erick Thohir menyampaikan, sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi yang besar dalam ekonomi syariah.

Menurutnya, pasar industri halal di dalam dan di luar negeri juga harus terus didukung dan dikembangkan agar mampu memberikan kontribusi bagi perekonomian.

“Jadi kita bertransaksi, mendapatkan keuntungan supaya memberikan kemanfaatan sosial yang lebih besar, dan menjadi bekal di akhirat,” ujarnya.

Indonesia menduduki posisi ke-5 terbesar industri halal pada 2020 dan menduduki urutan ke-7 total aset keuangan syariah terbesar di dunia dengan nilai 99 miliar dolar AS pada 2019. Nilai industri halal di Indonesia telah mencapai $3 miliar di tahun 2020 dan terus mengalami peningkatan.

Nilai tersebut didorong oleh jumlah transaksi keuangan syariah digital yang mencapai Rp41,8 triliun pada tahun 2021. Selain itu, industri halal juga mampu menarik $1 miliar investasi asing secara langsung yang berimplikasi pada terbukanya 127 ribu lapangan kerja baru setiap tahunnya.

Dengan posisi strategis tersebut, Indonesia memiliki potensi yang besar dalam pengembangan ekonomi syariah melalui pemberdayaan kemandirian pesantren, pembangunan industri halal, kerja sama perdagangan produk halal, dan harmonisasi standar dan akreditasi halal global.

Sebelumnya diketahui, Islamic Finance Summit 2021 ini menjadi sarana diskusi bagi para pemangku kepentingan di industri keuangan syariah untuk mengelaborasi berbagai gagasan konstruktif dalam rangka penguatan tata kelola kelembagaan dan peningkatan kapasitas permodalan guna mendorong pertumbuhan industri keuangan syariah yang berkelanjutan di era digital.

Rangkaian Islamic Finance Summit 2021 mencakup penandatanganan Nota Kesepahaman antara MES yang diwakili oleh Iggi H. Achsien selaku Sekretaris Jenderal dan Infobank yang diwakili oleh Eko B. Supriyanto selaku Pemimpin Redaksi tentang penyelenggaraan dan pengembangan kegiatan pemberian penghargaan di bidang ekonomi syariah.

Baca Juga : Dukung Investasi Syariah, BSI Siap Jadi Bank Kustodian

Sejumlah pembicara hadir dalam sesi seminar, yaitu Direktur Eksekutif Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia, M. Anwar Bashori, Deputi Komisioner Pengawas Perbankan Syariah OJK, Teguh Supangkat, Direktur Utama Bank Syariah Indonesia, Hery Gunardi, Direktur Utama BRI Danareksa Sekuritas, Friderica Widyasari Dewi, dan Direktur Industri Produk Halal Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah, Afdhal Aliasar.

Selain seminar dan penandatanganan Nota Kesepahaman, dalam serangkaian agenda Islamic Finance Summit 2021 juga dilakukan pemberian penganugerahan The Best Islamic Finance Awards 2021 kepada sejumlah lembaga keuangan syariah, serta Peluncuran Wakaf Tunai Arisan oleh Pengurus Wilayah MES Yogyakarta. (EA)

Baca Juga : Alhamdulillah! Erick Thohir Bersyukur Indonesia Punya Bank Syariah Besar

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

1 Comment
  1. […] Baca Juga : Dorong PEN dengan Perkuat Ekonomi Syariah, Sekjen MES : Mari Kita… […]

Leave A Reply

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy