Take a fresh look at your lifestyle.

- Advertisement -

Kondisi Kesehatan Jamaah Haji Dipantau Pasca Pulang ke Tanah Air

2 62

Ibadah.co.id – Setelah dinyatakan sehat, jamaah haji asal Indonesia saat kepulangan ke Tanah Air tetap akan dipantau kesehatannya. Pemantauan dilakukan selama 21 hari oleh dinas kesehatan domisili jamaah.

“Apabila selama pemantauan ada gangguan kesehatan diharapkan agar segera melapor ke faskes setempat,” kata Kepala Pusat Kesehatan Haji, dr Budi Sylvana, Rabu (14/7).

Pemantauan ini dimaksudkan sebagai deteksi dini terhadap penyakit menular. Di antaranya adalah Covid-19, MERS-Cov, meningitis, polio, dan penyakit yang berpotensi menimbulkan Public Health Emergency of International Concern (PHEIOC). Hal ini sesuai Surat Edaran Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit No. HK.02.02/C/2782/2022 tentang Pemeriksaan dan Pengawasan Jamaah Haji di Embarkasi dan Debarkasi

Jemaah haji akan dibekali Kartu Kewaspadaan Kesehatan Jamaah haji (K3JH). Apabila terdapat demam atau gejala sakit lain dalam 21 hari, maka jamaah bisa segera ke puskesmas atau fasilitas kesehatan terdekat dengan membawa K3JH.

“Tentunya selama 21 hari jika timbul gejala sakit, jamaah harus segera lapor dan berobat,” kata dia. Apabila dalam kurun waktu 21 hari gejala penyakit tidak muncul, jamaah diminta untuk menyerahkan K3JH kepada puskesmas terdekat.

Ketua MPR Bambang Soesatyo menilai, penjemputan jamaah haji sebagai salah satu titik vital penyebaran Covid-19. Untuk itu, dia meminta Kementerian Agama mewaspadai hal tersebut.

Dia meminta pihak keluarga yang menjemput jamaah haji agar disiplin melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. “Hal ini guna mencegah penularan Covid-19 saat momen berkumpul bersama keluarga,” ujarnya, Kamis (15/7).

Layanan katering dikritik

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengevaluasi salah satu dapur penyedia katering untuk jamaah haji Indonesia. Salah satu layanan katering bernama Cordova, kata dia, tidak memproduksi makanan sesuai kontrak yang sudah disepakati.

Menag meminta kontrak dengan katering tersebut diputus saja demi kepentingan jamaah. “Ya putus kontrak. Saya minta kawan-kawan yang begini-begini tegas saja. Untuk jamaah soalnya,” kata dia.

Dia mengatakan, Cordova sudah dua kali terlambat mendistribusikan makanan ke pemondokan jamaah. Saat kunjungan ke dapur Cordova, Menag juga melihat pegawai katering memasak dengan baju lengan pendek. Padahal sesuai prosedur, mereka harus bermasker, mengenakan baju lengan panjang, dan menggunakan penutup kepala.

Berdasarkan penjelasan pihak katering, keterlambatan pendistribusian yang pertama akibat pegawai yang bertugas mengantar makanan justru tidak bekerja. Keterlambatan kedua terjadi karena kemacetan di sekitar Bin Dawood. 

“Tapi tentu bagi kita tidak bisa dengan penjelasan seperti itu. Nanti saya akan minta kepada Ditjen PHU sebagai pelaksana teknis haji untuk mengevaluasi katering-katering ini,” jelas Menag.

Setelah selesainya puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna), jamaah haji Indonesia gelombang dua dijadwalkan untuk bergerak ke Madinah pada 21 Juli 2022. Kadaker Madinah PPIH Arab Saudi Amin Handoyo mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan pelayanan katering selama jamaah di Madinah.

Dia optimistis jamaah bisa mendapatkan layanan katering tepat waktu. Menurut Amin, kasus keterlambatan katering di Makkah akibat situasi lalu lintas yang relatif lebih padat. 

Di Madinah, hal tersebut tidak terjadi karena situasinya lebih lengang. Meski demikian, Amin menegaskan, pihaknya sudah menyiapkan para petugas yang akan mengawasi langsung proses produksi hingga distribusi katering

“Mereka datang ke dapur memastikan semuanya sudah disiapkan dari bahan-bahannya hingga pengolahannya,” ujarnya.

MAN

Baca juga : Kolaborasi PBNU dan Liga Muslim Dunia Jalani Religion of Twenty (R20)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

2 Comments
  1. […] Baca juga : Kondisi Kesehatan Jamaah Haji Dipantau Pasca Pulang ke Tanah Air […]

  2. […] Baca juga : Kondisi Kesehatan Jamaah Haji Dipantau Pasca Pulang ke Tanah Air […]

Leave A Reply

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy