Take a fresh look at your lifestyle.

- Advertisement -

Mendag Zulhas Harap Fashion Muslim Indonesia Mendunia

0 69

Ibadah.co.id – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengutarakan keinginannya agar produk fashion muslim asal Indonesia bisa merajai dunia. Hal itu diungkapkannya dalam acara Road to Jakarta Muslim Fashion Week di Auditorium Kementerian Perdagangan, Jakarta, Selasa (23/8/2022).

Menurutnya, sebagai negara dengan penduduk muslim tebesar di dunia, desainer lokal khususnya bisa mengusai pangsa pasar industri modest fashion dunia.

“Penampilan tadi nggak kalah bagus dengan desainer luar. Saatnya Indonesia go global menguasai dunia khususnya pakaian Muslim. Kami dukung, apapun yang diperlukan,” kata Zulkifli.

Mendag Zulkifli menyebutkan ekspor pakaian muslim semester pertama mencapai USD2,8 miliar atau naik sebesar 39,86 persen dibanding periode yang sama tahun 2021, yakni senilai USD2,04 miliar.

Sayangnya, meski mengalami kenaikan, angka ini tak menjadikan Indonesia masuk ke jajaran Top 10 eksportir pakaian Muslim dunia.

“Walaupun naik, tapi masih kecil. Kita berada pada posisi ke-13 eksportir pakaian Muslim dunia, kita punya share sekitar 1,86 persen, kecil sekali,” ujarnya lagi.

Ia mengatakan pemerintah saat ini telah menyiapkan “jalan tol” melalui perjanjian-perjanjian kerja sama dengan negara lain. Tujuannya, agar ekspor produk fesyen tidak mengalami hambatan, seperti perjanjian kerja sama dengan Uni Emirat Arab (UEA) yang saat ini tinggal menunggu ratifikasi.

“Kita sekarang sudah punya hub untuk Afrika, Timur Tengah, Bangladesh, Pakistan, India, itu melalui UEA, Dubai, dengan pajak 0 persen. Pendek kata, segala sesuatu kita siapkan agar ini menjadi tonggak bagi kita untuk menyerbu pasar internasional, termasuk tentu pakaian muslim ini,” jelasnya.

Ia menambahkan, melalui gelaran acara Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) yang akan diadakan pada Oktober mendatang, besar harapan pekan mode tersebut dapat menjadi titik tonggak bagi para pelaku modest fashion untuk menyerbu pasar dunia.

“Kami akan usahakan untuk mengirim perancang-perancang kita ini untuk pameran sekaligus untuk menjaring pengusaha-pengusaha di negara itu yang mengadakan pameran,” tutup Mendag Zulfikli.(AF)

Baca juga : Kolaborasi Dompet Dhuafa dan Kimia Farma Bersama Bidan Sasar Baduy

Sumber : Okezone

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy