Take a fresh look at your lifestyle.

- Advertisement -

Unit Pengelolaan Zakat Baznas Setjen DPR RI Diresmikan

0 76

Ibadah.co.id – Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi meresmikan Unit Pengelolaan Zakat (UPZ) di lingkungan Sekretariat Jenderal DPR RI, yang berlangsung pagi ini di Masjid Baiturrahman Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta pada Senin (27/03/2023).

Peresmian tersebut ditandai dengan penyerahan SK UPZ BAZNAS Setjen DPR RI yang diberikan oleh Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA kepada Sekretaris DPR RI Dr. Ir. Indra Iskandar, M.Si. 

Pembentukan UPZ ini telah sesuai dengan UU No. 23 tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat dan Peraturan BAZNAS No.2 tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Tata Kerja Unit Pengumpul Zakat.

Ashabul Kahfi memberikan apresiasi terhadap Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI sebagai penginisiasi pertama dalam pembentukan UPZ di lingkungan DPR. “Saya selaku pribadi, maupun sebagai Pimpinan Komisi VIII berterima kasih dan mengapresiasi kepada Kesetjenan DPR RI yang pada hari ini telah me-launching pembukaan UPZ di lingkungan Kesekretariatan di DPR RI,”

Politisi Fraksi Partai Amanat Nasional ini menyampaikan bahwa zakat merupakan rukun Islam ketiga dan menjadi kewajiban bagi setiap muslim yang memenuhi ketentuan untuk memenuhinya. Menurutnya, kehadiran UPZ di lingkungan Kesetjenan DPR RI ini akan meningkatkan partisipasi para muzaki untuk menyalurkan zakat. Dirinya juga menegaskan bahwa dalam pengelolaannya harus ada transparansi yang jelas.

Legislator Dapil Sulawesi Selatan I itu menilai kehadiran UPZ ini merupakan tanggung jawab bersama dan harus terus didukung. Dirinya berharap kehadiran UPZ di lembaga negara tidak hanya ada di DPR saja, tetapi juga bisa diterapkan di instansi-instansi lainnya.

Sementara itu Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA menyampaikan, “Ini adalah suatu momentum, di mana petunjuk dari Al-Qur’an dijalankan dalam konteks perzakatan di sekjen DPR ini,” ujarnya. 

Noor berharap, hadirnya UPZ di DPR RI ini bisa menjadi percontohan bagi seluruh DPR/DPD baik itu ditingkat provinsi maupun di tingkat kota seluruh Indonesia.

“Dalam penyalurannya, kami punya 8 program yang memiliki manfaat besar untuk masyarakat Indonesia, misalnya program pemberian beasiswa, Zmart, dan ZChicken. Itu artinya banyak yang bisa kita lakukan dari harta zakat,” tambahnya.

Diketahui, selain meresmikan UPZ, dirinya juga membuka kegiatan MTQ KORPRI serta santunan anak yatim yang merupakan program DKM Masjid Baiturrahman DPR RI. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Pimpinan Komisi VIII, Sekretaris Jenderal DPR RI, dan Ketua Badan Amil Zakat Nasional

Sumber : DPR RI

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy