Take a fresh look at your lifestyle.

- Advertisement -

Majelis Ulama Indonesia Gelar Festival Syawal LPPOM MUI 2023

0 69

Jakarta, Ibadah.co.id –Festival Syawal LPPOM MUI tahun ini terbilang unik karena berfokus pada pelatihan rumah potong hewan. Mengambil tema “Jaminan Halal dimulai dari Hulu”, LPPOM MUI pada penutupan Festival Syawal 1444 H membagikan sertifikat halal kepada empat RPH di RPHU Rawa Terate, Jakarta Timur, Kamis (08/06/2023).

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, mengapresiasi langkah LPPOM MUI yang sudah 34 Tahun mengawal sertifikasi halal. Menurutnya, MUI melalui LPPOM merupakan inisiator kesadaran sertifikasi halal di Indonesia meskipun saat itu tidak ada kewajiban dari pemerintah.

“Saya senantiasa mengingatkan dan mendorong pentingnya sertifikasi halal bagi produk dan rumah potong hewan untuk bersertifikat Nomor Kontrol Veteriner (NKV), ini merupakan peran dan tanggung jawab kita semua, ” ujarnya Bambang

“Saya memberikan penghargaan kepada LPPOM MUI yang hadir membantu UMKM dan masyarakat pengguna-pengguna produk halal di Indonesia, semoga LPPOM MUI senantiasa terdepan dalam integritas, inovasi dan sinergi dalam industri halal nasional dan internasional, sukses dan jaya selalu LPPOM MUI, ” imbuhnya.

Sementara itu Direktur Utama LPPOM MUI, Muti Arintawati mengatakan sertifikasi halal akan menjadi kewajiban secara menyeluruh di Indonesia pada Oktober 2024. Ini sesuai dengan UU Nomor 22 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal serta aturan turunannya. Pada Oktober 2024, seluruh produk yang beredar, khususnya makanan dan minuman, wajib bersertifikasi halal.

Muti menyampaikan, tantangan besar sertifikasi halal adalah pasokan bahan baku turunan hewani yang tersertifikasi halal. Riset KNEKS bersama Halal Science center IPB pada 2021 menemukan bahwa 85 persen RPH belum tersertifikasi halal. Temuan ini tentu menjadi tantangan besar bagi Indonesia yang bercita-cita melakukan sertifikasi 10 juta produk halal.

“Gelaran Festival Syawal LPPOM MUI 1444H/2023 telah diikuti 2.282 peserta Bimbingan Teknis dan 30 Rumah Potong Hewan (RPH) yang sedang dalam proses sertifikasi. Empat RPH diantaranya yang berlokasi di RPH Rawa Terate, Jakarta Timur akan dilakukan penyerahan Sertifikat Halal hari ini,” jelas Muti.

Kepala Pusat Pembinaan dan Pengawasan JPH BPJPH, Dzikro mengatakan 30 juta produk usaha membutuhkan sertifikasi halal. Namun sampai saat ini, baru 725.000 produk yang bersertifikat halal. 405.000 di antaranya berasal dari sector UMKM.

“Jika dibandingkan dengan total UMKM di Tanah Air yang mencapai 64,2 juta, jumlah ini masih sangat kecil sehingga dibutuhkan sinergi berbagai pihak untuk mendorong akses sertifikasi halal, ” ujarnya.

“Semoga dengan penyerahan Serifikat Halal kepada empat pelaku usaha ini akan memicu gelombang pelaku usaha lainnya untuk menyertifikasi usahanya sehingga menjadi produk atau sembelihan yang halal bisa dinikmati dengan penuh barokah, ” pungkas Dzikro. 

Sumber : MUI

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy