Take a fresh look at your lifestyle.

- Advertisement -

Ketum PBNU Berbicara Tentang Hubungan Agama-Bisnis

0 46

 Jakarta, Ibadah.co.id –Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf memberikan keynote speech dalam gelaran ASEAN Business & Investment Summit di Jakarta, Senin (4/9/2023). Kedatangannya itu dimaksudkan untuk menjelaskan peran agama dalam menciptakan iklim bisnis yang stabil.

Yahya memaparkan bahwa ASEAN memiliki banyak potensi, mulai dari sumber daya alam dan jumlah penduduk. Menurutnya, pertemuan ASEAN haruslah membahas bagaimana strategi yang baik dalam membuat sumber daya ini berguna bagi peran ASEAN sebagai pusat perkembangan dunia.

Namun, ia mengingatkan bahwa dalil ekonomi dapat bertumbuh jika ada stabilitas di masyarakat. Melihat sisi ini, ia menekankan bahwa ASEAN memiliki latar belakang masyarakat yang beragam, sehingga berpotensi menimbulkan konflik.

“Perbedaan dalam pengelompokan ini sering menimbulkan kontradiksi, kontroversi, bahkan konflik. Namun masyarakat kita, bila dibandingkan wilayah lain di dunia, relatif damai. Meski beragam, masyarakat relatif toleran,” paparnya.

Yahya menambahkan masyarakat ASEAN memiliki komitmen untuk menjaga terciptanya konflik. Maka itu, ia mengatakan agama akan memainkan peran penting dalam menjaga etika dan nilai moral dalam menjaga harmoni.

“Dengan itu kita akan berkontribusi tak hanya bagi komunitas ASEAN namun juga komunitas serta peradaban global. Saya harap forum ini dapat berkontribusi tak hanya dalam kalkulasi ekonomi namun memasukan nilai etika dan moral dalam kegiatan ekonomi apa pun,” tambahnya.

Pernyataan Yahya juga diperkuat oleh agamawan Budha terkemuka asal Nepal, Phra Anil Sakya, yang memberikan pemaparan setelahnya. Menurutnya, manusia bukan hanya makhluk ekonomi melainkan juga makhluk religi.

“Saat ekonomi kehilangan etika dan moral, ke mana Anda akan menanyakan pendapat? Anda akan pergi kepada agamawan, Anda akan melihat kitab suci,” papar agamawan yang juga merupakan Penasihat Buddhist World University itu.

“Bahkan, Anda juga masuk pada Agama saat meminta pada Tuhan agar memberikan keuntungan yang besar dalam bisnis.”

ASEAN Business & Investment Summit 2023 Sideline Events bertujuan untuk memberdayakan dan menginspirasi komunitas bisnis di ASEAN yang dibungkus dalam semangat Centrality, Innovation, dan Inclusivity.

Sumber : CNBC Indonesia

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy