Take a fresh look at your lifestyle.

- Advertisement -

Kemenag Luncurkan Kampung Zakat di Desa Akle Kupang

0 80

Jakarta, Ibadah.co.id –Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, Waryono Abdul Ghafur, secara resmi meluncurkan Program Kampung Zakat di Kampung Oeselaen, Desa Akle, Kecamatan Semau Selatan, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Kamis (11/1/2024). Program yang merupakan hasil kolaborasi antara Kementerian Agama (Kemenag) dan LAZNAS Dewan Da’wah Ini bertujuan mengatasi kemiskinan di daerah terdepan, terpencil, dan tertinggal, dengan mengoptimalkan dana zakat sebagai sumber potensial bantuan.

Kampung Zakat berfokus pada pemulihan ekonomi daerah terdepan. Program ini tidak hanya memberi bantuan finansial, tetapi juga menciptakan peluang bagi masyarakat setempat untuk mengembangkan potensi lokal.

Dalam sambutannya, Waryono Abdul Ghafur menyampaikan harapannya agar program ini menjadi pendorong kemajuan bagi masyarakat di Kampung Oeselaen dan sekitarnya. Upaya ini mencakup berbagai program pemberdayaan ekonomi umat berbasis kearifan lokal.

LAZNAS Dewan Da’wah di NTT telah melaksanakan beragam inisiatif, seperti pengiriman guru ngaji dengan dukungan akomodasi, dan program pemberdayaan masyarakat seperti produksi madu dan rumput laut. Langkah ini diambil untuk memberikan dampak positif dan berkelanjutan pada kehidupan masyarakat lokal.

Waryono Abdul Ghafur juga menyoroti pentingnya kerja sama antara pemerintah dan lembaga amil zakat dalam mendukung pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di daerah-daerah terpencil. “Harapannya, melalui Kampung Zakat, dapat terwujud masyarakat yang mandiri dan berkembang secara berkelanjutan,” ungkapnya.

Program Kampung Zakat diharapkan dapat membuka babak baru dalam penanggulangan kemiskinan di wilayah-wilayah terdepan. Langkah ini menggambarkan komitmen nyata pemerintah dan lembaga amil zakat untuk menciptakan dampak positif, sekaligus membuka peluang baru bagi masyarakat lokal dalam pengembangan ekonomi berkelanjutan.

Sumber : Bimas Kemenag

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy