Take a fresh look at your lifestyle.

- Advertisement -

Grand Syekh Al Azhar Beri Kuliah Umum di UIN Jakarta

0 81

Jakarta, Ibadah.co.id –Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta mengadakan pertemuan publik dengan Grand Syekh Al Azhar yang juga Ketua Majelis Hukama Muslimin (MHM), Imam Akbar Prof. Ahmed Al-Tayeb. Public Lecture ini menjadi rangkaian acara Grand Syekh dalam kunjungannya ke Indonesia, 8 – 11 Juli 2024. 

Acara yang berlangsung Selasa (9/8/2024) ini dihadiri para dosen universitas, peneliti, cendekiawan, mahasiswa dari berbagai universitas, duta besar, dan pimpinan lembaga keagamaan. Pidato Grand Syekh fokus pada tema “Persatuan Umat dalam Menghadapi Tantangan.” 

Imam Akbar menekankan bahwa bangsa Muslim menyinari seluruh dunia setelah ditelan kegelapan dari semua sisi. Umat ini mengoreksi jalan manusia dengan Al-Quran dan Rasulullah, sehingga menempatkan mereka sekali lagi pada jalan yang jelas, jalan yang seterang siang hari, yang hanya dapat disesatkan oleh orang-orang yang terkutuk. 

“Umat Islam saat ini menderita, seperti yang Anda ketahui, dengan gejala yang mirip dengan penyakit endemik. Mengatasi satu gejala sering kali menyebabkan bergulat dengan banyak gejala lainnya, sehingga upaya yang dilakukan menjadi sia-sia,” terangnya.

Imam Akbar menyatakan bahwa mereka yang merenungkan keagungan dan kekuatan peradaban Islam yang dilandasi oleh keadilan dan kewajaran, akan sangat takjub ketika melihat apa yang terjadi sekarang. Meski belum lenyap atau hilang, peradaban saat ini telah mencapai titik lemah dan penarikan diri yang sulit diabaikan oleh umat Islam sendiri di hadapan non-Muslim.

Salah satu keajaiban peradaban ini, meskipun mengalami kelemahan, peradaban ini memberikan harapan yang tak terbatas untuk pemulihan, kebangkitan, dan pembaruan. Ia menyerupai bara api yang tidak pernah padam meskipun ada lapisan abu tebal yang menumpuk di atasnya dari waktu ke waktu sepanjang sejarahnya yang panjang dan cerah. Masyarakat tidak menyadari, bahkan hingga saat ini, mengenai peradaban mana pun yang tetap bertahan dan kokoh selama empat belas abad meskipun ada hantaman mematikan yang telah dan terus mereka hadapi, selain peradaban Islam dan umat Islam.

Grand Syekh Al-Azhar melanjutkan, peradaban ini, dengan sejarahnya yang gemilang, kini mendapati dirinya meminta-minta dari Barat karena filosofi, budaya, metode pendidikan, struktur sosial, dan ekonominya. Seolah-olah masyarakatnya, yang dulu merupakan pemelihara ilmu pengetahuan, sastra, filsafat, perundang-undangan, sejarah, dan seni, telah tereduksi menjadi bangsa primitif yang bangkit dari kubur sejarah. Tampaknya mereka telah kehilangan seluruh pengetahuan kemanusiaan, karena tidak diterangi oleh peradaban, baik di Timur maupun Barat selama berabad-abad. 

Ketua MHM mengidentifikasi penderitaan bangsa ini sebagai perpecahan internal, perselisihan, dan konflik – sebuah penyakit berbahaya yang secara historis menjadi titik lemah yang digunakan penjajah untuk menyusup ke wilayah Muslim dalam dua abad terakhir. Penyakit berbahaya yang sama kini memungkinkan penjajahan Barat kembali terjadi pada abad kedua puluh satu.

Grand Syekh Al-Azhar memperingatkan bahwa pepatah “memecah belah dan menaklukkan,” yang dipelajari sejak kecil, kini digunakan kembali di bawah bendera benturan peradaban, kekacauan kreatif, globalisasi, dan akhir sejarah, yang dimunculkan di sana-sini di negara-negara Muslim, untuk menundukkan mereka di bawahnya atau menghasut mereka untuk saling berperang, bertindak sebagai wakil bagi penjajah baru. Hal ini terjadi meskipun kita terus-menerus mengaji setiap pagi dan sore, semangat bersaing kita dalam mengajarkannya kepada anak-anak, dan kebanggaan kita terhadap kemampuan mereka dalam menghafal dan mengaji. 

Al-Qur’an memperingatkan umat Islam tanpa henti, bergema siang dan malam dengan ayat: “Taatilah Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kamu berselisih satu sama lain, atau kamu akan patah semangat dan menjadi lemah. Bertekunlah! Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang tekun” [Anfal: 46 ].

Grand Syekh lalu mengajukan pertanyaan tajam yang harus dijawab oleh setiap orang yang peduli dengan dakwah: Bagaimana umat Islam dapat berdamai di antara mereka sendiri? Pertanyaan mendesak ini membayangi kondisi saat ini, di mana wacana dakwah, yang dipercayakan kepada para Dai, sering kali memicu perpecahan dan fragmentasi di kalangan umat Islam daripada memupuk persatuan. 

Hal ini menimbulkan permusuhan yang sangat besar di kalangan pemuda: Berapa banyak sekte dalam bidang dakwah yang kini berdiri di belakang sikap saling antipati di kalangan pemuda Muslim, yang menghasut mereka untuk saling bermusuhan? Ke mana perginya isu-isu kritis umat Islam selain kekhawatiran para pengkhotbah dan dai muda, pria dan wanita? Apakah isu-isu besar ini tidak layak mendapat satu tempat pun dalam agenda mereka yang hampir melarang apa yang halal dan membolehkan apa yang dilarang?

Dia lebih lanjut mempertanyakan apakah generasi muda Muslim mendapat informasi yang sama tentang Yerusalem dan Masjid Al-Aqsa serta penderitaan mereka seperti halnya perselisihan doktrin antara Asy’ariah, Salafi, dan Sufi. Apakah mereka melakukan penelitian terhadap realitas bangsa mereka sama banyaknya dengan penelitian terhadap perselisihan sepele yang sudah tidak relevan lagi? Apakah mereka menerima silabus akademis mereka secepat mereka menerima buku-buku atau pamflet dari pengkhotbah ini atau itu? Bagaimana kita menjauhkan generasi muda kita dari perpecahan yang dipaksakan, menuju persatuan umat Islam?

Imam Akbar menunjukkan bahwa perbedaan di antara lima hukum syariah telah kabur atau hampir hilang. Keluarga-keluarga di komunitas Islam sibuk dengan isu-isu kecil yang tidak diamanatkan untuk mengambil tindakan, mengabaikan isu-isu penting yang mempunyai konsekuensi besar dalam hukum Islam. Hal ini termasuk menghormati orang tua, kebaikan terhadap tetangga, nilai kerja dan waktu, kebersihan, kasih sayang terhadap orang lain, dan kewajiban moral dan sosial lainnya yang telah dikesampingkan dalam yurisprudensi yang aneh ini. 

Grand Syekh menyoroti faktor lain yang mendorong bangsa ini menuju jalan yang suram: manipulasi terang-terangan terhadap yurisprudensi empat Imam, memaksakan kerangka hukum baru yang mewajibkan orang melakukan apa yang tidak wajib dan apa yang tidak dapat dianggap wajib, seperti salat sunah sebelum Maghrib atau jenis biji-bijian tertentu untuk Zakat Fitri, yang tidak dikenal oleh sebagian besar masyarakat dan tidak dilakukan di masjid-masjid mereka sebagaimana didukung oleh para ahli hukum terpercaya.

Grand Syekh menekankan kebutuhan mendesak untuk mengatasi fenomena yang dapat sangat melemahkan masyarakat Islam dan membongkar fondasinya jika tidak dikendalikan oleh yurisprudensi yang tepat serta pengetahuan yang jelas dan murni. Fenomena tersebut adalah keberanian menyatakan orang lain sebagai kafir (takfir), korup (fasiq), dan pembaharu (mubtadi’), serta perilaku nekat yang menghalalkan pelanggaran terhadap nyawa, kehormatan, dan harta benda. 

Bagaimana gagasan-gagasan seperti itu bisa berkembang biak dalam sebuah komunitas di mana para cendekiawan dan pemimpin dari ketiga aliran pemikiran tersebut secara universal telah menyepakati prinsip-prinsip dasar? Kami diajarkan hal ini di koridor Al-Azhar saat masih menjadi pelajar muda. Prinsip-prinsip tersebut antara lain sebagai berikut: “Kami tidak menyatakan seorang pun dari orang-orang yang kiblat (arah shalat) nya sama sebagai orang kafir. Kami berdoa di belakang setiap orang yang shaleh dan maksiat, dan tidak ada sesuatu pun yang mengeluarkan seseorang dari Islam kecuali pengingkaran terhadap apa yang membawa mereka ke dalamnya.” Prinsip-prinsip tersebut telah memelihara kohesi dan persatuan umat Islam sepanjang sejarah, yang berakar pada sabda Nabi Muhammad (saw) dalam sebuah hadits shahih: “Barangsiapa yang salat sebagaimana salat kami, menghadap kiblat sebagaimana kiblat kami dan memakan daging sembelihan kami, maka dialah seorang muslim yang berada dalam lindungan Allah dan Rasul-Nya. Janganlah kamu mengkhianati Allah dalam lindungannya.”

Di akhir pidatonya, Grand Syekh Al Azhar mendesak masyarakat untuk berkomitmen pada ketekunan dan tindakan, menekankan bahwa sekarang lah waktunya untuk bekerja serius, bukan hanya pidato dan khotbah. Negara-negara di sekitar kita beroperasi dalam keheningan yang menakutkan, dengan kecerdikan dan strategi yang intens, dan kita sudah bosan dengan kata-kata yang tidak bisa diwujudkan dalam tindakan di lapangan. Saya ingatkan pada kata-kata emas Imam Malik, Imam Dar al-Hijrah radhiyallahu ‘anhu dan memberinya kedamaian yang mengatakan, “Saya tidak suka berbicara tentang hal-hal yang tidak disertai dengan tindakan.”

Sumber : Majelis Hukama Muslimin

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy