Take a fresh look at your lifestyle.

- Advertisement -

BAZNAS RI Salurkan 869.000 Liter Air Bersih ke Sejumlah Wilayah

49

Jakarta, Ibadah.co.id –Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI menyalurkan 869.000 liter air bersih ke enam wilayah di Indonesia untuk mengatasi dampak kekeringan yang berkepanjangan.

Enam wilayah tersebut yaitu, Bogor sebanyak 24.000 liter air bersih, Bekasi 216.000 liter, Kuningan sebanyak 100.000 liter, Tulungagung sebanyak 450.000 liter, Bima sebanyak 25.000 liter, dan Maros sebanyak 54.000 liter.

Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan MA., menyampaikan, bantuan air bersih tersebut merupakan bentuk hadirnya BAZNAS RI di tengah masyarakat, terutama mereka yang sedang menghadapi kesulitan akibat kekeringan.

“BAZNAS RI berkomitmen untuk hadir di tengah-tengah masyarakat yang membutuhkan, sebagai wujud nyata dari fungsi kami dalam menyalurkan zakat dan sedekah untuk kepentingan sosial. Alhamdulillah, dalam periode Agustus dan September, kita telah menyalurkan 869 ribu liter air bersih,” ujar Saidah dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (24/9/2024).

Saidah mengatakan, BAZNAS RI menyadari pentingnya akses air bersih dalam menjaga kesehatan dan kelangsungan hidup masyarakat. Oleh karena itu, BAZNAS RI berkomitmen untuk terus hadir dalam setiap keadaan darurat dan selalu menyalurkan bantuan tepat sasaran.

“Penyaluran ini adalah bagian dari upaya kami untuk memastikan kebutuhan dasar masyarakat, yakni akses terhadap air bersih, dapat terpenuhi. Kami berharap bantuan berupa air bersih yang telah disalurkan dapat bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

Dia menjelaskan, sebanyak 869.000 liter air bersih didistribusikan kepada warga menggunakan mobil truk tangki. Untuk menghindari antrian, air bersih ditampung dalam kolam penampungan buatan yang disiapkan BAZNAS untuk memudahkan warga menggambil air bersih tersebut.

Saidah melanjutkan, untuk ke depannya, pendistribusian air bersih yang dilakukan BAZNAS tak akan berhenti sampai di sini. BAZNAS akan memetakan daerah yang memerlukan bantuan, dan membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Sesuai visi BAZNAS untuk menyejahterakan umat, kesejahteraan itu mencakup banyak aspek, salah satunya tentu ketersediaan air bersih,” kata Saidah.

“Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan ini, khususnya para muzaki dan donatur yang senantiasa mempercayakan zakat, infak, dan sedekahnya kepada BAZNAS,” pungkasnya.

Sumber : Baznas

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy