Take a fresh look at your lifestyle.

- Advertisement -

Kemenag Larang Buka Bersama Selama Ramadhan di Musim Corona

0 94

Ibadah.co.id – Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin imbau masyarakat tak buka bersama. Pihaknya telah mengeluarkan pedoman Beribadah Ramadhan di dalam rumah. Termasuk juga Kemenag keluarkan maklumat agar warga tetap dirumah aja. Hal ini tiada lain dalam rangka melawan penyebaran virus corona (Covid-19).

“Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, umat Islam seluruh Indonesia diimbau agar dalam melaksanakan ibadah, baik itu shalat dan segala aktivitas yang terkait dengan datangnya bulan suci Ramadhan, diharapkan untuk tetap berada di rumah,” kata Kamaruddin di Gedung BNPB, Matraman, Jakarta Timur, Jumat (10/4/2020).

Kamaruddin mengatakan, dalam pelaksanaan ibadah puasa tersebut, umat muslim dianjurkan mempedomani fikih puasa. Namun untuk budaya rutin Ramadhan seperti buka puasa bersama ( Bukber), termasuk salat tarawih yang biasanya digelar di masjid, diharapkan tidak dilakukan.

“Dalam pelaksanaan puasa tersebut kita berharap, buka puasa bersama ditiadakan, salat tarawih dilaksanakan di rumah masing-masing,” katanya.

Kemudian, nuzulul Quran dan tadarus Quran di masjid akan ditiadakan. Kamaruddin menilai, Allah SWT memahami pelaksanaan ibadah Ramadhan di rumah selama pandemik corona ini.

Ia yakin, kualitas dan pahala ibadah tidak berkurang hanya karena dilaksanakan di rumah. “Kami berharap umat Islam di Indonesia tetap menjaga bersama physical distancing agar kita berperan bersama memerangi Covid-19 ini,” tukasnya.

“Mudah-mudahan pelaksanaan ibadah di rumah masing-masing, insyaAllah tidak mengurangi kualitas ibadah, tidak mengurangi pahala, karena sedang dalam keadaan darurat. Insyaallah Allah SWT akan sangat memahami,” tambahnya. ()

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy