Jemaah Umrah Wajib Tes Usap Sebelum Pulang ke Indonesia

0
6
Jemaah Umrah Wajib Tes Usap Sebelum Pulang ke Indonesia
Jemaah Umrah Wajib Tes Usap Sebelum Pulang ke Indonesia

Ibadah.co.id – Jemaah umrah wajib melakukan tes usap sebelum kembali pulang ke Indonesia. Hal ini adalah salah satu kebijakan yang diberlakukan oleh Pemerintah Arab Saudi dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

Seperti dilansir kompas.com pada 7/11/20, Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali memastikan, seluruh jemaah umrah asal Indonesia akan menjalani tes usab atau swab test Covid-19 sebelum pulang kembali ke Tanah Air.

Langkah itu merupakan aturan yang diatur oleh Otoritas Bandara Arab Saudi atau General Authority of Civil Aviation (GACA) untuk mengetahui apakah ada jemaah umrah yang terpapar virus corona atau tidak.

“Kalau saya merujuk ke edaran GACA nomor 4/18098 memang kewajibannya adalah di-swab di Saudi sebelum kepulangan,” kata Endang dalam diskusi virtual yang diselenggarakan AMPHURI, Jumat (6/11/2020).

Lanjutnya, untuk mendukung hal ini, pemerintah Arab Saudi juga telah menentukan 10-12 rumah sakit yang melayani swab test jemaah umrah asal Indonesia.

Namun, hal itu akan dilakukan apabila jemaah umrah yang akan swab test datang per orangan.

Selain jemaah umrah datang sendiri ke rumah sakit, petugas klinik yang telah ditentukan sebelumnya datang langsung ke lokasi jemaah umrah berkumpul.

“Kalau misalkan dikoordinir bisa saja mendatangkan klinik-klinik atau Kemenkes Arab Saudi yang bisa datang langsung,” ujarnya.

Meski demikian, ia memastikan bahwa dalam surat tersebut telah tertulis jemaah umrah harus bisa menunjukkan hasil swab test Covid-19 sebelum kepulangan.

Sebelumnya, Kepala Bidang Umrah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) Zaky Anshary mengatakan, jemaah umrah perdana asal Indonesia kemungkinan akan menjalani swab test sebelum pulang ke Tanah Air.

Informasi tersebut ia dapat dari Direktorat Bina Umrah dan Haji Kementerian Agama.

“Seperti informasi yang kami dapatkan dari Dirbina Umrah Haji Kemenag, kalau jemaah umrah masa pandemi ini diwajibkan swab test lagi sebelum kembali ke Indonesia,” kata Zaky melalui pesan singkat kepada Kompas.com, Rabu (4/11/2020).

Jika benar adanya, maka jemaah umrah perdana asal Indonesia melakukan swab test dua kali selama berada di Arab Saudi.

Pertama adalah pada saat dua hari setelah kedatangan di Arab Saudi, Selasa (3/11/2020). Kemudian pada saat sebelum kepulangan ke Indonesia.

Tak hanya di Arab Saudi, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 di Indonesia mengimbau jemaah umrah yang kembali, untuk melakukan tes Covid-19 dan karantina selayaknya orang yang baru menempuh perjalanan dari luar negeri.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, Kamis (5/11/2020). “Kami mengimbau semua jemaah yang kembali ke Indonesia agar perlu menjalani testing dan juga karantina selayaknya pelaku perjalanan dari luar negeri untuk meminimalisir penularan,” kata Wiku. (RB)