Kemenag Gelar Ajang Apresiasi Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam

0
32
Kemenag Gelar Ajang Apresiasi Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam
Kemenag Gelar Ajang Apresiasi Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam

Ibadah.co.id – Kementerian Agama (Kemenag) RI menggelar Apresiasi Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Adiktis) 2020. Pada agenda penghargaan Adiktis 2020 kali ini, apresiasi ditujukan kepada lembaga atau institusi, bukan kepada personal.

Seperti dilansir republika.co.id pada 29/12/20, Kementerian Agama RI melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Ditjen Pendidikan Islam akan memberikan apresiasi terhadap capaian dan prestasi berbagai bidang perguruan tinggi keagamaan Islam (PTKI). Apresiasi itu diberikan melelui ajang Apresiasi Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Adiktis) 2020.

Direktur Diktis Kemenag RI, Prof Suyitno, berharap gelaran Adiktis 2020 dapat memberi inspirasi dan motivasi bagi kampus yang saat ini belum menjadi nomine atau menerima penghargaan, serta dapat menjadi motivasi bagi PTKI yang meraihnya untuk menjadi lebih baik lagi. 

Guru besar UIN Raden Fatah Palembang ini mengatakan, terdapat 15 kategori dalam apresiasi pendidikan tinggi keagamaan Islam ini, yaitu PTKI pemilik jurnal bereputasi terbanyak, PTKI dengan pemilik hak kekayaan intelektual (HaKI) Terbanyak, PTKI dengan profesor terbanyak, PTKI dengan persentase akreditasi Prodi A/Unggul terbanyak, PTKI dengan BLU terbaik, dan lain-lain.

“Penghargaan Adiktis 2020 lebih fokus pada kelembagaan atau institusi, bukan personal seperti dosen, pustakawan, laboran atau tenaga kependidikan, dengan mempertimbangkan kinerja secara kolektif dan bersama-sama,” kata dia dalam keterangannya, Selasa (29/12)

Di tempat terpisah, Prof Agus Sartono, Deputi Pendidikan dan Agama Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Prof Agus Sartono mengapresiasi digelarnya Adiktis 2020. Menurutnya, target APK PT (Perguruan Tinggi) pada 2025 adalah 35 persen kemudian di tahun 2035 adalah 50 persen dan 2045 adalah 60 persen.

“Maka tanpa peningkatan kapasitas PT target tersebut tidak akan dapat diwujudkan. Alternatif peningkatan akses dapat dilakukan dengan membangun PT baru, merevitalisasi PT lama atau transformasi PTKI sehingga kapasitas meningkat,” kata dia.

Berdasarkan hal itu, Agus Sartono, sangat mengapresiasi kegiatan Adiktis. “Oleh karena itu, apresiasi pendidikan tinggi keagamaan Islam atau Adiktis sudah sangat tepat dalam rangka peningkatan kapasitas yang disertai dengan governance pengelolaan PTKI.”

Sementara itu, Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan (PMMK), Bappenas, Dr Subandi Sardjoko, mengatakan gelaran Adiktis tersebut menjadi bukti Kementerian Agama terus mendorong kinerja dan prestasi PTKI. “Kedepan diharap PTKI terus berprestasi melakukan riset dan menghasilkan inovasi dan kemitraan dengan dunia usaha harus ditonjolkan,” katanya.  Adiktis 2020 akan digelar di Grand Mercure Hotel, Jakarta pada Rabu (30/12) dan direncanakan akan dihadiri langsung Menteri Agama RI, KH  Yaqut Cholil Qoumas. Kegiatan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat termasuk mewajibkan rapid test antigen bagi para undangan yang hadir. (RB)