Ketum GP Ansor Resmi Ditunjuk Jadi Menteri Agama

3
27
Ketum GP Ansor Resmi Ditunjuk Jadi Menteri Agama
Ketum GP Ansor Resmi Ditunjuk Jadi Menteri Agama

Ibadah.co.id – Ketua Umum (Ketum) GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas resmi ditunjuk sebagai Menteri Agama (Menag) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Adapun Gus Yaqut, panggilan Yaqut Cholil Qoumas dilantik menggatikan Fachrul Razi.

Seperti dilansir detik.com pada 22/12/20, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Ketum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama. Gus Yaqut rupanya pernah gagal maju menjadi calon Bupati Rembang 2010.

“Yang keempat adalah Bapak Yaqut Cholil Qoumas, beliau adalah tokoh muslim ketua PP GP Ansor dan akan kita berikan tanggung jawab sebagai Menteri Agama,” ucap Presiden Joko Widodo saat mengumumkan Gus Yaqut menjadi menteri di Istana, Selasa (22/12/2020).

Dari data yang dihimpun detikcom, Yaqut Cholil Qoumas atau yang akrab disapa Gus Yaqut merupakan pria kelahiran Rembang, Jawa Tengah, 4 Januari 1975. Saat ini, Gus Yaqut merupakan ketua Pimpinan Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Pemuda Ansor, organisasi sayap dari Nahdlatul Ulama (NU).

Yaqut Cholil Qoumas merupakan putra dari KH Muhammad Cholil Bisri, salah satu pendiri PKB. KH Cholil adalah kakak kandung KH Mustofa Bisri atau akrab disapa Gus Mus, sehingga dengan demikian Yahya adalah kemenakan dari Gus Mus. Gus Yaqut merupakan adik dari Yahya Cholil Staquf, Katib Aam PBNU.

Karier politiknya dimulai dengan menjabat sebagai Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Rembang (2001-2014). Pada tahun 2005, dia menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Rembang. Di waktu yang bersamaan, dia terpilih menjadi Wakil Bupati Rembang periode 2005-2010 mendampingi Moch Salim.

Pada Pilkada Kabupaten Rembang 2010, Yaqut pecah kongsi dengan Moch Salim dan memutuskan maju sebagai Bupati Rembang. Kala itu, Gus Yaqut maju didampingi oleh kader PAN, Arif Budiman.

Kala itu, Yaqut-Arif Budiman mendapat nomor urut 4 dari total 5 pasangan calon yang ikut dalam kontestasi Pilkada Rembang. Yaqut-Arif Budiman maju Pilbup Rembang 2010 diusung koalisi PKB, Partai Golkar, dan PAN.

Pada Pilkada Rembang 2010 itu, paslon Yaqut-Arif Budiman kalah dari dari calon bupati petahana Moch Salim-Abdul Hafidz yang diusung Partai Demokrat.

Yaqut Cholil Qoumas saat ini berstatus anggota DPR RI. Dia menjabat Wakil Ketua Komisi II DPR. Penunjukkan Yaqut Cholil Qoumas mengejutkan. Sebab, selama ini nama Yaqut tak masuk daftar nama kandidat calon menteri Jokowi. (RB)